55 Anggota TNI Positif Covid-19, 15 Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi-TNI.jpg
((Jpnn/JawaPos.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-55 Orang anggota TNI dinyatakan positif virus corona dan 15 di antaranya meninggal dunia. Pernyataan itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Selain itu dua dia menyebut ada 1.187 kasus virus corona di seluruh jajaran TNI. 


"Data dari yang ada di Mabes TNI sendiri, bahwa ada 1.187 kasus terkait COVID-19 tersebut. Yang positif ada 55 orang, kemudian PDP 190 orang, 873 ODP orang, sembuh ada 54 orang, dan meninggal dunia ada 15 orang," kata Hadi dalam rapat kerja virtual bersama Komisi I DPR, Rabu 15 Maret 2020.

Panglima TNI Rapat melalui video conference


Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., rapat bersama Menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid II melalui video conference, Selasa (17/3). Foto: Dok. Puspen TNI

Hadi mengatakan pihaknya juga telah melakukan rapid test terhadap seluruh anggota TNI aktif maupun purnawirawan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.



"Dan belum seluruh anggota TNI yang memang kita test. Kita prioritaskan pasukan-pasukan yang akan melaksanakan tugas di Pamtas, termasuk tugas-tugas yang menangani COVID-19 itu dulu," kata dia.


Dalam kesempatan yang sama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan terdapat 463 anggotanya yang tengah dirawat karena terjangkit virus corona. Andika menyebut 4 orang anggota TNI AD meninggal dunia. 
"285 di antaranya (yang dirawat) militer aktif dan 178 di antaranya PNS yang meninggal sudah ada 4 (orang), 1 TNI aktif dan 3 PNS 2 di antaranya tenaga medis dan 1 di antara 2 tenaga medis yang PNS," kata dia. 

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga mengungkapkan kasus virus corona juga melanda anggota TNI AU. Dia menyebut 346 anggota sebagai ODP dan 2 orang meninggal dunia.


"ODP ada 346 orang ini militer dengan keluarga dan termasuk PNS dan PDP 23. Kemudian pos militer ada 25 orang PNS ada 1 orang keluarga 8 orang total 34 dari yang positif meninggal 2 orang. Dua-duanya militer dan 2 orang sudah berhasil sembuh," tutur dia.


Selain itu, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menuturkan terdapat 20 anggota TNI AL yang positif virus corona.


"Kami terima ODP 97 orang, PDP 32 orang, positif 20 orang. Korban meninggal sampai saat ini tim TNI AL aktif ada 1 dokter, purnawirawan 5, keluarga besar 3 orang," tutur Siwi.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com