Paling Banyak PDP dan ODP, Warga Tampan, Pekanbaru, Lakukan Lockdown

Warga-Panam-Pekanbaru-Lockdown-Lokal.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU-Warga perumahan Mutiara Permai, Jalan Swakarya RT 01 hingga RT 04/RW 07 Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau memilih melakukan kebijakan karantina wilayah atau lock down secara lokal. 
 
Berdasarkan pantauan pada Senin, 30 Maret 2020 pagi,  kawasan padat penduduk itu menutup akses jalan-jalan perumahan dengan kayu seadanya. 
 
Sedikitnya ada tiga jalan kecil menuju kawasan perumahan itu yang ditutup. Di antaranya jalan Jahe, Lengkuas dan Jalan Serai. Sementara hanya ada satu jalan yang tetap dibuka, di bagian ujung perumahan. 
 
Berdasarkan pantauan juga terlihat tidak banyak warga yang beraktivitas di sekitar perumahan tersebut. Mereka lebih memilih untuk menutup pintu rumah dan beraktivitas di dalam rumah masing-masing. 
 
Hal itu tampak berbeda saat beberapa waktu sebelum penutupan itu yang cenderung ramai. 
 
Ketua Pemuda setempat, Agus mengatakan karantina lokal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi tingginya Corona Virus Disease 2019 yang terjadi di Indonesia. 
 
Selain itu, dia mengatakan Kecamatan Tampan yang terkenal sebagai kawasan padat pemukiman di Pekanbaru itu juga tercatat dengan orang dalam pengawasan terbanyak (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terbanyak di Pekanbaru. 
 
"Tampan paling tinggi ODP dan PDP. Untuk itu, kita bersama warga, RT dan RW, sudah sepakat karantina lokal atau lockdown," katanya. 
 
Dia menjelaskan sedikitnya terdapat 500 rumah yang berada di pemukiman itu. Kini, pemuda dan warga setempat secara aktif menjaga satu-satunya akses yang masih dibuka. Sasaran mereka adalah bukan warga lokal yang masuk ke pemukiman itu. Mereka akan memeriksa intensif para tamu.