Jangan Kepagian atau Kesiangan, Ini Waktu yang Tepat untuk Berjemur demi Tingkatkan Imun

Pegawai-PLN-Bangka-Belitung-berjemur-di-atap-gedung-kantor-mereka.jpg
(kompas.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imun menjadi lebih baik sehingga terhindar dari infeksi virus.

Mulai dari makan makanan yang bergizi hingga melakukan olahraga adalah cara yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, ternyata berjemur di bawah sinar matahari bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun.

Bagaimana bisa berjemur di bawah sinar matahari meningkatkan sistem imun? Penjelasannya, paparan sinar matahari mengandung ultraviolet B, dimana sinar ini mamu membantu penyerapan vitamn D3.

Vitamin D3 inilah yang bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Tetapi, ada waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini adalah waktu dan cara yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari.

Berjemur tidak mematikan virus

Selama ini banyak yang menganggap bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa mematikan virus. Akan tetapi, pendapat ini salah, ternyata berjemur di bawah sinar matahari tidak mematikan virus.

Menurut dr. Tan Shot Yen, M. Hum, presepsi terebut keliru. Ternyata sinar matahari menangkal penyakit dengan memperkuat daya tahan tubuh, bukan dengan membunuh virus dalam tubuh.

Dengan kata lain, berjemur adalah salah satu cara pencegahan terjadinya infeksi virus. Bagaimana sinar matahari memperkuat imun?

Paparan radiasi sinar ultraviolet-B (UVB) dari sinar matahari membantu penyerapan vitamin D3 atau kolekalsiferol. UVB ini juga mengandung pro-vitamin D3, dimana jika bertemu dengan kolesterol tubuh akan dirubah menjadi vitamin D3.

Kemudian, vitamin D3 inilah yang akan mejadi sumber kekebalan tubuh manusia.

Kapan waktu yang tepat untuk berjemur?

Waktu yang tepat untuk berjemur adalah tidak terlalu pagi dan tidak terlalu siang. Berjemur di bawah sinar matahari idealnya dilakukan sekitar pukul 10.00-11.00 siang dan tidak lebih pagi dari itu.

Sementara itu, berjemur pada pagi hari seperti jam 07.00 pagi, Tan menjelaskan justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berapa lama sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari?


Durasi untuk berjemur di bawah sinar matahari idealnya dilakukan selama 10-15 menit saja, karena matahari sudah cujup panas.

Selain itu, semain banyak kulit yang terpapar sinar matahari di pagi hari jua akan semakin baik untuk tubuh.

Artikel ini sudah terbit di Tribun medan