Jus Jeruk Ternyata Ampuh Tangkal Covid-19, Begini Cara Bikinnya Agar Hasilnya Maksimal

Jeruk.jpg
(Ibad garden)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sayuran dan buah-buahan dikenal memiliki banyak vitamin dan maanfaat untuk tubuh kita. Asupan gizi dan vitamin tentu saja bikin tunuh kita semakin sehat, terlebih di tengah gempuran pandemi corona.

Baru-baru ini Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia telah melakukan riset demi  menangkal virus Corona Covid-19. Berdasarkan riset itu, buah jeruk ternyata ampun untuk menangkal corona. Bukan sembarang jus jeruk, agar bisa menangkal virus Corona Covid-19, jus jeruk harus diminum bersama dengan kulitnya!

Dilansir dari laman resmi IPB, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, melakukan penelitian bioinformatikan untuk menemukan senyawa yang berpotensi ampuh melawan virus Corona Covid-19.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," ujar Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara.

Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan senyawa ini? Menurut Prof Irmanida, senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk.



"Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," tambah Prof Irmanida lagi.

Bagaimana dengan orang yang tidak kuat mengonsumsi makanan atau minuman pahit?

Prof Irmanida punya solusinya. Tak usah dibuat jus, manfaat yang sama bisa didapat dengan membuat infused water, namun harus tetap dengan kulit jerukknya.


Ia mengungkap beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," tutupnya.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com