Virus Corona Bisa Melayang 3 Jam di Udara, Bertahan 3 Hari di Plastik dan Stainless Steel

Aktivitas-luar-ruangan.jpg
(shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Harvard.edu. melansir studi terbaru terkini tentang virus Corona Covid-19. Selama ini virus corona diyakini bisa menular lewat droplet, kontak fisik, menyentuh wajah, benda-benda yang terpapar virus Corona Covid-19, ternyata sekarang bisa lewat udara.

Mengejutkan memang, tapi itulah temuan terkini dari studi terbaru yang dilansir dari laman harvard.edu.

Dalam Studi terbaru itu, para peneliti menemukan bahwa virus Corona Covid-19 dapat melayang di udara hingga tiga jam sebelum kemudian jatuh ke permukaan.

Temuan dari studi terbaru itu semakin menguatkan alasan mengapa kita harus memakai masker wajah. Dengan cara ini, setidaknya dapat mencegah atau menurunkan risiko terpapar virus Corona Covid-19.

Seperti diketahui, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi salah satu cara untuk mencegah terinfeksi virus corona Covid-19.

Ketika berada di tempat umum, kita dianjurkan tidak sembarangan memegang barang apapun dan harus rajin mencuci tangan.


Anjuran itu bukan tanpa sebab, karena sebuah studi baru-baru ini juga menemukan bahwa virus Corona Covid-19 dapat bertahan diberbagai jenis barang, seperti tembaga, kardus dan plastik dan stainless steel.

Di tembaga, studi menemukan, virus Corona Covid-19 bisa bertahan hingga empat jam, sedangkan pada kardus 24 jam, bahkan bisa bertahan dua hingga tiga hari pada plastik dan stainless steel.

Hingga saat ini, peneliti masih melakukan penelitian terkait sifat virus corona, seperti bagaimana ketahanannya pada setiap kondisi yang berbeda. Misalnya, paparan sinar matahari, suhu panas atau dingin.

Walaupun sebagian telah diketahui karakteristik virus Corona Covid-19, kita tetap dianjurkan untuk membersihkan tangan dan benda yang sering disentuh setiap hari.

Benda-benda yang sering disentuh setiap hari misalnya telepon genggam (ponsel), meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, keyboard, alat makan, dan masih banyak lagi.

Untuk menjaga kebersihan lantai, jika permukaan lantai kotor, pertama-tama bersihkan menggunakan deterjen dan air lalu disinfektan.

Selain itu, cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air setelah membawa kiriman dari luar atau pasca-kembali dari luar rumah.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com