Yuk Ikuti Kebiasaan Baik Presiden Jokowi agar Terhindar dari Virus Covid-19

Presiden-Jokowu-minum-Jamu.jpg
(ANTARA FOTO/Deni Susanto)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Jokowi menkonsumsi jamu untuk mneingkatkan fitalitas tubuh. Kegunaan jamu yang baik juga secara tidak langsun menaikkan harga berbagai jenis rempah-rempah seperti jahe merah, temulawak, kunyit, dan serai melonjak mahal sejak merebaknya virus corona. Kenaikan harga ini pun diakui Presiden Jokowi, bahkan menurutnya sampai meningkat lima kali lipat dari kondisi normal.


Jokowi mengakui, banyak orang minum ramuan herbal dari bahan-bahan tersebut, untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah tertular virus corona. Kebiasaan serupa ternyata juga dilakukan Presiden Jokowi, bahkan sebelum merebaknya serangan virus corona.


"Saya biasanya tiap hari minum itu, temulawak, jahe merah, serai, kunyit saya campur, saya minum hanya pagi. Sekarang karena ada corona saya minumnya pagi, siang, malam," kata Jokowi saat membuka Munas HKTI IX di Istana Negara, Jakarta, Kamis 12 Maret 2020.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengaku menyiapkan persediaan lebih karena para tamunya kerap disuguhkan minuman hasil olahan rempah-rempah itu.
"Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam, saya beri minuman itu, bukan teh, tapi temulawak, jahe merah, sereh, kunyit, campur jadi satu," ujarnya.

Presiden Jokowi meminta para anggota atau pengurus HKTI di berbagai daerah Indonesia memanfaatkan penanaman lahan kosong yang tersedia. Tak hanya sekedar menanam karet dan sawit saja. Namun juga harus menanam rempah-rempah.

Di daerah Maluku hingga Maluku Utara misalnya. Dia ingin ada kluster yang khusus disiapkan sehingga potensinya bisa dimaksimalkan.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com