Kamu Harus Cuci Tangan setelah Pegang Uang karena Bisa Tularkan Virus Covid-19

Uang.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Informasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Virus Corona bisa ditularkan melalui uang kontan (cash money). World Health Organization (WHO) memberi peringatan atas meningkatnya penyebaran Virus Corona atau penyebaran COVID-19 tersebut.

Data terbaru WHO, sampai Minggu 8 Maret 2020 di China daratan sebanyak 80.859 orang terinfeksi Virus Corona dan 3.100 orang meninggal dunia. Kasus baru di China 46 orang terinfeksi Virus Corona dan kematian terbaru sebanyak 27 orang. Tingkat kematian di China daratan adalah 3,83 persen.

Di sejumlah negara dan kapal pesiar di luar China, sebanyak 24.727 terinfeksi Virus Corona dan 484 orang meninggal dunia. Kasus baru di luar China 3.610 orang dan kematian terbaru 71 orang.

Tingkat kematian di luar China daratan adalah 1,95 persen.

Dengan demikian, data WHO menunjukkan total pasien Virus Corona mencapai 105.586 orang dengan jumlah kematian mencapai 3.584 orang.

Dailymail menyarankan agar Orang-orang berhenti menggunakan uang kertas atau uang kontan dan melakukan pembayaran tanpa kontak sebagai gantinya untuk mencegah penyebaran corona virus. WHO menyarankan masyarakat untuk mencuci tangan setelah memegang uang tunai karena COVID-19.

Hal ini karena Virus Corona dapat menempel di permukaan uang kertas dan kemudian menularkan ke orang. Karena itu, sejumlah aktivis kesehatan kini mulai menyarankan penggunakan uang digital atau transaksi digital sebagai pengganti transaksi konvensional.

Saran kesehatan terbaru datang ketika angka global untuk kasus-kasus virus telah melampaui 100.000 dan terjadi di semua benua, kecuali Benua Antartika. Beberapa acara dan perkumpulan olahraga besar pun telah ditunda atau dibatalkan ketika pejabat kesehatan berlomba untuk menghindari penyebaran Virus Corona.

China Disinfeksi Uang Kertas

Bulan lalu, China dan Korea Selatan, mulai mendisinfeksi dan mengisolasi uang kertas bekas karena tingkat infeksi yang tinggi memicu pejabat publik untuk bergegas mendisinfeksi tempat-tempat umum.


Pejabat menggunakan cahaya ultraviolet atau suhu tinggi untuk mensterilkan tagihan.

Setelah itu, mereka menyegel dan menyimpan uang tunai selama 14 hari sebelum diedarkan kembali.

Bank sentral China membuat 'penerbitan darurat' empat miliar yuan dalam bentuk uang kertas baru yang didistribusikan kepada provinsi Hubei, pusat penyebaran, sebelum liburan Tahun Baru Imlek.

Bank of England telah mengakui bahwa uang kertas 'dapat membawa bakteri atau virus' tetapi tidak diyakini mengumumkan rencana untuk melakukan hal serupa.

Seorang juru bicara WHO mengatakan kepada Telegraph: 'Kami tahu bahwa uang sering berpindah tangan dan dapat mengambil semua jenis bakteri dan virus dan hal-hal seperti itu.

“Kami akan menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka. Bila memungkinkan, sebaiknya menggunakan pembayaran tanpa kontak."

Umur Corona Virus

Berapa lama tepatnya Virus Corona baru dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia belum terbukti.

Menurut analisis dari 22 studi sebelumnya tentang virus serupa yang serupa, apakah diperkirakan bahwa virus korona manusia dapat tetap menular pada permukaan mati hingga sembilan hari pada suhu kamar.

Seorang juru bicara Bank of England menambahkan: "Seperti permukaan lainnya yang dihubungi banyak orang, uang kertas dapat membawa bakteri atau virus.

"Namun, risiko yang ditimbulkan oleh penanganan uang kertas tidak lebih besar daripada menyentuh permukaan biasa lainnya, seperti pegangan tangan, gagang pintu atau kartu kredit."

Pemerintah dan badan kesehatan telah berupaya untuk membendung wabah virus, dengan beberapa acara publik besar dan pertemuan dibatalkan untuk menghindari menciptakan hotspot yang menyebar.

Sementara itu, lebih dari 106.000 orang telah terinfeksi oleh coronavirus di seluruh dunia dan 3.600 telah meninggal dunia.

Di China Daratan, tempat wabah dimulai, sedikitnya 3.097 orang meninggal dunia karena Virus Corona.

Iran mengatakan 194 orang telah meninggal karena Virus Corona dan 6.566 sekarang terinfeksi.

Artikel ini sudah terbit di Tribun Bali