Penampakan Yamaha RX-King Rp 150 Juta, yang Beli Bang Sabar Napitupulu

Yamaha-RX-King-Limited-Edition-identik-dengan-warna-gold.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sabar Napitupulu memecahkan rekor untuk harga sepeda motor RX-King. Dia membeli motor legendaris itu dengan harga Rp 150 juta. Seperti contohnya RX-King Special Edition (SE) lansiran 2003 yang berstatus new old stock (NOS) alias baru kepunyaan Arif ini. Kepada kumparan, dia mengatakan sudah menggeluti bisnis jual beli RX-King bekas sejak 2005 lalu.


"Sudah sudah jual ratusan RX-King, saya rekor jual RX-King itu tembus Rp 110 juta dua bulan yang lalu. Eh, enggak tahunya belum lama yang ini (RX-King SE) laku juga Rp 150 juta," katanya saat dihubungi kumparan, Selasa 3 Maret 2020.


Dia mendapat RX-King tersebut dari kolektor yang berdomisili di kawasan Tangerang. Kelengkapan surat pun sudah diurus sejak 2016 agar memudahkan proses transaksi maupun administrasi.


"Ini kan motor benar-benar baru, Jadi sekitar 2016 masih faktur saja. Karena lokasinya di Padang kalau di kirim ke Jakarta takut sulit pengurusannya, akhirnya diregistrasi tahun itu juga dari padang sebelum dikirim ke Tangerang. Sekarang sudah punya STNK dan BPKB," jenisnya.

Karena berstatus NOS, kondisinya bisa dikatakan benar-benar sempurna. Baut-bautnya belum pernah ada yang dibuka, ban depan dan belakang belum diganti, sampai joknya yang masih terbungkus rapi dengan plastik.


"Satu baut pun belum pernah kena kunci, detailnya mulus saya gabrukin aja langsung. Saya enggak minta Rp 150 juta tapi memang lakunya segitu dan putus di situ," ucapnya tertawa kecil.


Menurut Arif, alasan mengapa RX-King jadi motor incaran para kolektor dan pecinta roda dua karena karakter mesinnya yang gahar dan mampu membangkitkan nostalgia tempo dulu.


"Biasanya karena waktu dulu punya memori, mungkin dia waktu kuliah enggak bisa beli, kedua untuk kenang masa lalu, dan yang ketiga karena memang kolektor, RX-King bisa dikategorikan motor bersejarah," pungkasnya

Terlebih jika memiliki RX-King Special Edition, sepertinya punya kebanggaan sendiri yang tak dimiliki orang lain.
"SE ini punya kelas tersendiri di hati para kolektor , karena kalau mau cari SE yang restorasian di bawah Rp 30 juta saja sudah sulit sekali, rata-rata sudah Rp 50 jutaan. Rp 150 juta NOS menurut saya wajar, mau cari di mana lagi?" katanya.
Sedikit mundur ke belakang, pada Februari 2009, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sebagai ATPM, saat itu menyuntik mati alias memberhentikan produksi RX -King karena alasan emisi.
Mendekati masa bakti terakhirnya, YMKI mengeluarkan Yamaha RX-King Special Edition yang berdasarkan kabar hanya diproduksi 5000 unit saja. Di 2009 YMKI tak lagi memproduksi namun hanya menjual sisa stok NIK 2008.

Kwitansi pembelian RX King

RX-King Special Edition NOS Foto: dok. Arif King Priok


RX-King Special Edition merupakan motor edisi terbatas dalam rangka merayakan 20 tahun eksistensi motor tersebut di Tanah Air. Pada beberapa bagian, diberi pembeda seperti aksen emas pada ring spidometer, lampu, dan stripping serta logo 20th Anniversary pada boks samping kiri dan kanannya.


Berdasarkan informasi yang kumparan dapat, penjualan Yamaha RX-King sendiri tembus satu juta unit sepanjang 1980 hingga Februari 2009. Jelang akhir hidupnya terutama di 2008, penjualannya mencapai 12.017 unit.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com