Pemkab Kuansing Usulkan Pembangunan Tiga Jembatan Lewat APBN

PU-Kuansing.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Demi kelancaran akses transportasi masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing kembali mengusulkan pembangunan tiga jembatan gantung ke pemerintah pusat.

Tiga jembatan gantung yang diusulkan dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut diantaranya jembatan gantung Keresek di Gunung Toar, jembatan gantung di Desa Pulau Padang dan jembatan gantung di Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi.

"Tiga jembatan gantung ini kita usulkan dibangun oleh pusat," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kuansing Ade Fahrer didampingi Kepala Bidang Bina Marga, Jafrison dan Kabid SDA, Febri, Rabu, 4 Februari 2020.

Dalam waktu dekat usulan pembangunan jembatan gantung ini akan disampaikan melalui Kementrian Pekarjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Republik Indonesia.

"Dalam waktu dekat ini proposal usulan akan kita sampaikan Kementrian," kata Ade.

Tahun lalu katanya, satu jembatan gantung sudah dibangun oleh pemerintah pusat di Desa Bukit Kauman menuju Desa Pebaun. Kini jembatan gantung yang berada diatas sungai kuantan tersebut sudah dimanfaatkan oleh masyarakat. Dimana akses masyarakat kini sudah semakin dekat menuju ibukota kecamatan dan desa tetangga.

"Alhamdulillah tahun 2019 lalu satu jembatan gantung sudah dibangun oleh pusat dan sudah dinikmati masyarakat," katanya.

Sebelumnya Pemkab Kuansing telah mengusulkan pembangunan jembatan gantung untuk lima lokasi di Kabupaten Kuansing. melalui pemerintah pusat.

Diantaranya pembangunan jembatan gantung dari Bukit Kauman - Pebaun Kuantan Mudik, Kampung Baru - Keresek Gunung Toar, Pulau Lancang - Simandolak Benai, Pulau Busuk - Seberang Pulau Busuk Inuman dan Pasar Cerenti - Pulau Jambu Cerenti.

Dari lima usulan tersebut hanya satu yang direalisasikan oleh pemerintah pusat. Dimana salah satu syarat yang diminta pusat supaya bisa dibangun jembatan gantung terutama panjang bentangan maksimal 120 meter.