Surya Paloh Pastikan NasDem Tak Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Surya-Paloh3.jpg
(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Partai NasDem memastikan tidak mempersiapkan Anies Baswedan untuk menjadi calon presdien di Pilpres 2024. Katanya hanya orang terbaik yang akan terpilih lewat konvensi.

"Kalau ada yang bilang, ah ini berpihak pada bung Anies, ah salah itu. Berpihak pada Ridwan Kamil, apalagi salah itu. Khofifah? Belum tentu. Kader NasDem belum tentu lagi. Jadi siapa? Kita cari bersama," kata Paloh di acara hari ulang tahun NasDem di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Senin 11 November 2019.

Sebelumnya, hasil Kongres II Partai NasDem merekomendasikan untuk menyaring calon presiden di Pilpres 2024. Mereka beralasan ingin membuka peluang seluas-luasnya, dan tak membatasi calon presiden yang mereka usung hanya dari kader NasDem saja.

“Tapi betul, ini atas kesadaran yang paling dasar. Bahwa kami secara kepemimpinan adalah mencari putra putri yang terbaik, sehingga kami tidak lantas egois seolah dipastikan kepemimpinan terbaik itu hanya dari NasDem,” kata Ketua Steering Committee Kongres II NasDem, Sugeng Suparwoto, di Jiexpo, Jakarta, Senin 11 November 2019.


Konvensi disebut akan dilakukan dua tahun sebelum Pemilu. “Kalau Pemilu 2024 maka Konvensi dalam rangka mencari calon calon presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan 2022,” tuturnya.

Sugeng membantah konvensi dilakukan karena NasDem tak punya tokoh yang mumpuni. Justru, kata dia, salah satu fungsi partai politik adalah untuk merekrut pemimpin. Konvensi, kata dia, salah satu media menjaring pemimpin tersebut.

Sugeng mengatakan seluruh masyarakat Indonesia punya hak konstitusional yang sama, untuk mencalonkan sebagai calon presiden. Ia pun mengatakan agar yak khawatir dengan sosok yang dihasilkan konvensi. Karena nanti akan ada mekanisme pemilihan yang cukup ketat.

“Nanti toh ada mekanisme pemilihan. Ada uji publik, uji intelektualisme, integritas dan sebagainya,” kata Ketua Bidang Pemenangan Jawa Tengah-Yogyakarta NasDem ini.

Artikel ini sudah terbit di Tempo.co