Tak Hanya di Indonesia, Sang Jenderal Sudirman Berdiri Kokoh di Jantung Tokyo

patung-jenderal-sudirman.jpg
(MERDEKA.COM/KBRI TOKYO)

RIAU ONLINE - Jenderal Sudirman, ternyata sosok yang juga dihormati oleh masyarakat Jepang. Sebuah patung Jenderal Sudirman tegak di depan Kementerian Pertahanan Tokyo.

Patung Jenderal Sudirman yang dibangun dari perunggu setinggi sekitar empat meter itu, menjadi satu-satunya patung pahlawan asing yang dipajang Jepang. Ini menjadi fenomena unik yang memberikan keistimewaan membanggakan bagi Indonesia.

Bahkan, upacara kecil juga digelar di sana saat 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Kelompok masyarakat Jepang pecinta Indonesia melakukan upacara peletakkan karangan bunga di depang Patung Sang Jenderal hebat dari Indonesia itu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana upacara ini, Fujii Gemki, Jenderal Sudirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia dan sekaligus juga dalam sejarah Indonesia-Jepang.

Melalui Tentara PETA yang dibentuk Jepang pada masa pendudukan, kontak antara bala tentara Jepang dengan Jenderal Sudirman terjadi. Jenderal Sudirman menjadi salah satu simbol penting dalam hubungan kedua negara.

"Oleh karena itu, melalui upacara peletakan karangan bunga di depan Patung Jenderal Sudirman yang pertama kalinya dilakukan hari ini (sejak patung dipajang dua atau tiga tahun yang lalu), saya berharap ritual ini akan terus berlanjut dan semakin meriah pada masa-masa mendatang," kata Fujii, melansir Merdeka.com, Sabtu, 24 Maret 2018.

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Jepang menyatakan bahwa sejarah merupakan faktor yang amat penting bagi sebuah bangsa. "Karena itu, mari kita belajar sejarah untuk kearifan yang lebih lagi di masa mendatang," ujar Yusron.

"Kita memiliki Patung Jenderal Sudirman di Jantung Kota Tokyo, yang merupakan simbol sejarah yang kita hormati secara bersama-sama. Saya percaya bahwa melalui ikatan sejarah, kedua bangsa pun sekaligus pula mempunyai ikatan batin yang amat dekat. Hal ini tentu dapat menjadi landasan untuk hubungan yang lebih baik lagi bagi kedua bangsa di masa depan," imbuh Yusron.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id