HUT ke-8 Riau Online "Begelige", CEO: Kami Bertekad Cerdaskan Anak Bangsa

CEO-Riau-Online.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Delapan tahun sudah Riau Online hadir di tengah masyarakat dengan berbagai kisah yang terajut di dalamnya. Riau Online (ROL) terus bangkit untuk selalu memberikan pencerahan kepada masyarakat, bergerak, melangkah dan terus berjuang tanpa henti dengan semangat yang tak putus oleh waktu.

Sebuah perhelatan ditaja sebagai ungkapan syukur bahwa selama 8 tahun Riau Online bisa hadir untuk menyajikan berita-berita teraktual, independen, dan terpercaya. Hal itu disampaikan langsung oleh CEO Riau Online, Fakhrurrodzi Baidi, dalam malam puncak Anugerah Komunikasi Digital Riau Online 2023, Minggu, 25 Juni 2023, malam.

"Tanpa dukungan dari seluruh pembaca Riau Online,  kami tidak akan seperti sekarang ini, maka untuk malam ini sebagai ungkapan terima kasih kami hadirkan malam penganugerahan," paparnya.

CEO sekaligus Pemimpin Redaksi Riau Online ini menyampaikan bahwa pada HUT ke-8 ini Riau Online mengangkat tema "Begelige". Menurutnya, Begelige dalam Bahasa Melayu berarti cerdas.

"Sesuai tema, kami telah melangsungkan rangkaian kegiatan HUT ini mulai dari Workshop Jurnalistik Goes to School. Bersama Pemprov Riau melalui Diskominfo, kami mengenalkan literasi media bagi siswa SMA milenial. Selain itu juga Goes to Campus ke 4 kampus di Riau, serta melakukan MoA, semoga ROL bisa menginspirasi dan mencerdaskan anak bangsa, terutama anak Melayu," ujar pria yang akrab disapa Oji.

Lebih lanjut ia menyampaikan, masa depan yang cerah dimulai dari sebuah tekad untuk memberikan yang terbaik. Bertekad memberikan warna baru bagi perkembangan media online di Indonesia. Pada 1 juli 2015 di bawah naungan PT Riau Sinergi Multimedia, Riau Online hadir dengan mengedepankan keunggulan berita diperkaya dengan konten video menarik serta unik ke berbagai belahan dunia.

"Riau Online memiliki makna menyajikan Riau secara online, sehingga kontennya bisa dinikmati siapa pun kapan pun dan di mana pun," ulasnya.


Riau Online merupakan portal media lokal yang mempunyai jaringan kuat bersama media nasional hingga internasional. Pada 2015-2016 ROL bekerja sama dengan berbagai media nasional dan internasional. Kemudian di tahun 2018, ROL menjadi satu-satunya media di Riau yang mendirikan cekfakta.com sebagai upaya tangkal hoaks di Indonesia.

"Kami terus berkembang dalam menyajikan informasi yang didukung dengan konten yang bisa dinikmati di berbagai platform sosial media, menyajikan berita-berita yang senantiasa dilihat dari berbagai sudut pandang, menyelaraskan kebenaran, menyampaikan keberagaman, dan menginspirasi, ROL terus bergerak maju menjadi media terbesar dan terpercaya di tanah Melayu Riau," tuturnya.

Fakhrurrodzi berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya kegiatan. Malam Anugerah Komunikasi Digital Riau Online 2023 bertajuk Begelige Celebrating the 8th Anniversary of Riau Online akhirnya terlaksana di Hotel Premiere Pekanbaru.

Kategori penerima anugerah di antaranya Anugerah Promosi Digital Pemerintah Daerah, Anugerah Promosi Digital Kepala Daerah, Anugerah Promosi Digital BUMN, BUMD dan BUMS Paling Trendi serta Anugerah Promosi Digital Universitas dan SMA/sederajat.

Gubernur Riau, Syamsuar, resmi membuka kegiatan malam anugerah. Dalam sambutannya, Syamsuar mengatakan Riau Online menjadi media yang mengikuti perkembangan zaman terutama di era digital.

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat ulang tahun ke-8 untuk Riau Online. Mengingat segala sesuatu sudah berbasis online dan digital tapi Riau Online ini tidak ketinggalan meski di usianya yang muda," ujar Syamsuar. 

Syamsuar pun turut mengapresiasi kegiatan yang sebelumnya ditaja Riau Online yakni Begelige Goes To school dan Go To Campus. Menurutnya, para peserta didik dan mahasiswa harus bisa memanfaatkan media digital sebaik mungkin.

“Karena itu kami bangga saat CEO Riau Online datang menemui saya dan apa saja kegiatan yang akan dilakukan. Terutama kunjungan ke sekolah-sekolah dan kampus. Ini gerakan yang bagus agar para peserta didik tidak salah menggunakan medsos di tengah perkembangan media digital yang pesat," tegasnya.

Turut hadir Asisten Operasi Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Bupati Bengkalis Kasmarni, Bupati Siak, BUMN, BUMD, BUMS, Universitas dan SLTA penerima penghargaan dari Riau Online.

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemerintah Kabupaten Siak, PT Pertamina Hulu Rokan, RAPP APRIL, Riau Petroleum, PT Bumi Siak Pusako, PTPN 5, PLN, EMP Bentu, serta disupport oleh a-ha Lighting, Big Buzz, dan Ceria TV.