2 Upaya Menumbuhkan Konsep Diri pada Siswa

Pelajar4.jpg
(IDN Times)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Konsep diri adalah kepribadian yang paling utama dan paling penting, dimana konsep diri terdiri dari persepsi, ide, nilai dan aturan yang mencakup atau berhubungan dengan diri sendiri.

Hal seperti ini perlu karena konsep diri terdiri dari cara individu mengenal, menilai dan mengharapkan sesuatu dari diri sendiri. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Mental health, 2 upaya menumbuhkan konsep diri pada siswa, simak ulasannya berikut ini.

Bimbingan kelompok

Bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok. Karena bimbingan adalah proses membantu orang perorangan dalam memahami dirinya sendiri dan lingkungannya.

 

Bimbingan kelompok menekankan bahwa kegiatan bimbingan kelompok lebih pada proses pemahaman diri dan lingkungannya yang dilakukan oleh 1 orang atau lebih yang disebut kelompok.

Apabila konseling perorangan mengajukan layanan kepada individu atau kain orang perorangan maka bimbingan kelompok mengarahkan layanan kepada sekelompok individu.

Karena pada bimbingan kelompok terdapat kegiatan pemberian informasi tentang pendidikan, pribadi, karir dan sosial. Informasi tersebut diberikan dengan tujuan untuk memperbaiki dan mengembangkan pemahaman diri individu dan pemahaman terhadap orang lain.

Diskusi kelompok


Mental health, 2 upaya menumbuhkan konsep diri pada siswa selanjutnya adalah dengan diskusi kelompok. Di dalam melaksanakan bimbingan kelompok, diskusi kelompok tidak hanya untuk memecahkan masalah tetapi juga mengembangkan diri anggota kelompoknya.

Terdapat tiga tujuan diskusi kelompok yaitu untuk mengembangkan diri sendiri, mengembangkan kesadaran tentang diri dan mengembangkan pandangan baru mengenai hubungan antar manusia.

Penggunaan diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok memiliki kelebihan yaitu membuat anggota kelompok lebih aktif karena setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara, anggota kelompok dapat saling bertukar pengalaman dan memberi kesempatan para anggota untuk belajar menjadi pemimpin.

Siswa hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok jika mengalami kesulitan dalam mengubah konsep diri negatif menjadi konsep diri positif di dalam dirinya, agar siswa dapat memiliki sikap, perilaku dan kepribadian yang positif.

 

Kemudian guru bimbingan konseling hendaknya dapat membantu siswa mengubah konsep diri negatif menjadi konsep diri positif dengan layanan bimbingan kelompok.

Sekian informasi mengenai Mental health, 2 upaya menumbuhkan konsep diri pada siswa. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.