Kenali 2 Jenis Jambu Biji Beserta Manfaatnya

jambu-kristal.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Buah jambu biji yang sering disebut juga jambu klutuk, jambu siki atau jambu batu merupakan tanaman buah jenis perdu yang berasal dari Brazilia Amerika tengah, lalu menyebar ke Thailand dan ke negara Asia lainnya seperti Indonesia.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Buah, Kenali 2 jenis jambu biji beserta manfaatnya, simak ulasannya berikut ini.

Jambu biji

Buah jambu berbentuk bulat, bulat agak lonjong, lonjong dan daging buahnya berwarna putih ada juga yang merah tergantung pada varietas nya. Buahnya memiliki kulit yang tipis dan permukaannya halus sampai kasar.

Buah yang telah masak daging nya lunak sedangkan yang belum masak nasinya agak keras dan renyah. Buah berasa manis ketika matang dan sedikit asam ketika tekstur buah masih keras atau mentah. Jambu biji sangat tinggi kandungan vitamin C.

Dari segi kandungan vitamin c-nya buah jambu biji putih sekitar 116-190mg, sedangkan pada jambu biji merah adalah 87 mg per 100 gram jambu. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai jenis kanker.

 

Jambu biji memiliki beberapa kelebihan antara lain buahnya dapat dimakan sebagai buah segar, dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman.

Selain itu, buah jambu biji bermanfaat untuk pengobatan (terapi) bermacam-macam penyakit, seperti memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, antioksidan, menghilangkan rasa lelah dan lesu, penyakit demam berdarah dan sariawan.


Jambu biji merah

Buah, Kenali 2 jenis jambu biji beserta manfaatnya selanjutnya adalah jambu biji merah. Jambu biji merah adalah tumbuhan dengan batang yang berkayu, bercabang, mengelupas dan berwarna coklat dengan kulit batang yang licin.

Jambu biji merah merupakan tanaman musiman yang banyak ditemukan di Indonesia, masuk Sumatera Utara. Umur tanaman ini dapat mencapai puluhan tahun dan pohonnya juga dapat tumbuh besar dan tinggi sekitar 5 meter-10 meter.

Buah jambu biji merah memiliki bentuk, ukuran dan rasa yang beragam. Kandungan gizi pada buah jambu biji merah per 100 g buah diantaranya terdapat kalori protein lemak karbohidrat fosfor kalsium zat besi vitamin A vitamin b vitamin C dan air.

 

 

Jambu kristal

Jambu kristal merupakan anggota dari keluarga myrtaceae, yang memiliki kandungan gizi kurang dari 3% dari bagian buah. Daging buahnya renyah, sepintas jambu kristal hampir tidak berbiji dan permukaan buah ada tonjolan tidak merata.

Buah 250-500 gram per buah. Warna kulit luar hijau muda sedangkan daging buahnya putih. Tekstur daging barangnya sampai hampir matang dan empuk saat puncak kematangan. Buah ini mengandung banyak air, bisa tahan simpan dengan berusaha jaring dan penutup plastik hingga 1 bulan.

Sekian informasi mengenai Buah, Kenali 2 jenis jambu biji beserta manfaatnya. Semoga informais yang telah Riau Online berikan bermanfata bagi pembaca.