4 Manfaat Berinvestasi, Kaya di Usia Muda Pasti Bisa!

laptop2.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan activator lengkap atau pembelian saham saham dan surat berharga lainnya untuk memperoleh keuntungan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Investasi, 4 manfaat berinvestasi, kaya di usia muda pasti bisa! simak ulasannya berikut ini.

Pengelolaan investasi

Pengelolaan investasi adalah proses yang membantu perumusan kebijakan dan tujuan, sekaligus pengawasan dalam penanaman modal untuk memperoleh keuntungan. Pengolahan investasi ini melibatkan sejumlah pihak yang masing-masing mempunyai fungsi dan tanggung jawab sesuai spesialisasinya yaitu:

Manajer investasi

Pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Penasihat investasi

Pihak yang memberi nasehat kepada pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbalan jasa. Pemberian nasehat kepada pihak lain mencakup pemberian nasihat yang dilakukan secara lisan atau tertulis, termasuk melalui penerbitan dalam media massa.

Wakil manajer investasi

wakil manajer investasi bertindak mewakili kepentingan perusahaan efek untuk kegiatan yang bersangkutan dengan pengelolaan portofolio efek.

Agen penjual efek reksa dana

Pihak yang melakukan penjualan efek reksa dana berdasarkan kontrak kerjasama dengan manajer investasi pengelolaan reksadana.


Wakil agen penjual efek reksa dana

Orang perseorangan yang mendapat izin dari otoritas jasa keuangan untuk bertindak sebagai penjual efek reksa dana.

Bank kustodian

Bank yang bertindak sebagai kustodian. Kustodian adalah pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lainnya yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi effect dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Terdapat 4 Manfaat investasi, diantaranya :

Kebebasan finansial

Investasi, 4 manfaat berinvestasi, kaya di usia muda pasti bisa! Selanjutnya adalah kebebasan finansial. Salah satu tujuan investasi adalah kebebasan finansial yaitu seseorang dianggap sudah bisa mendapatkan passive income dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka panjang.

Pasif income adalah pendapatan diluar gaji yang diterima setiap bulannya, uang bisa didapatkan ketika kebutuhan hidupnya terpenuhi meskipun seseorang memutuskan untuk tidak lagi bekerja.

Meningkatkan kekayaan

Manfaat dari investasi yaitu untuk meningkatkan jumlah aset atau kekayaan yang dimiliki seseorang. Hasil return investasi tentu akan menjadi tambahan penghasilan yang secara otomatis akan meningkatkan kekayaan.

Melindungi aset dari inflasi

Tujuan dari investasi adalah melindungi aset dari inflasi yang terjadi terus-menerus setiap tahunnya, hal tersebut akan membuat nilai aset berkurang. Investasi akan berkembang menghasilkan nilai tambah yang bisa mengimbangi gerusan inflasi setiap tahunnya.

 

 

Kebutuhan darurat

Kebutuhan darurat seperti biaya rumah sakit apabila sakit, pendidikan, biaya renovasi atau membeli rumah dan lain sebagainya. Dengan berinvestasi merupakan jalan aman ketika orang mengalami kondisi darurat.

Sekian informasi mengenai Investasi, 4 manfaat berinvestasi, kaya di usia muda pasti bisa! Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.