Ini Dia Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia dengan Finlandia

wisuda2.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Indonesia sebagai negara berkembang perlu untuk mengadopsi sistem pendidikan yang sudah berhasil diimplementasikan di negara lain, yaitu pendidikan yang merata dan berkualitas sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang.

Seperti sistem pendidikan yang diterapkan oleh negara Finlandia, diharapkan Indonesia dapat mengikuti jejak kesuksesan negara tersebut dalam kebijakan dan mutu pendidikannya.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Ini dia pebedaan sistem pendidikan Indonesia dengan Finlandia : kenali 5 hambatan Pendidikan Indonesia, simak ulasannya berikut ini.

Peran Pendidikan Bagi Negara

Diperlukan suatu perencanaan atau program-program yang sesuai dalam arah peningkatan mutu pendidikan di Indonesia secara nasional. Dengan alasan karena pendidikan sangatlah penting, karena adanya persaingan antar lembaga yang mengelola sektor pendidikan maupun persaingan lembaga kerja.

 

Dimana para calon pekerja apabila ingin memiliki peluang besar untuk dapat diterima di tempat yang mereka inginkan anaknya wajib membekali dirinya dengan pendidikan yang bermutu, sehingga dapat bersaing dengan calon pekerja lainnya yang memilih jenis pekerjaan yang sama.

Selain itu, adanya kebijakan yang dibangun dan diterapkan oleh lembaga pendidikan bermaksud untuk memastikan mutu di institusi tersebut sehingga mutu pendidikan akan berjalan sesuai yang diharapkan, bahkan melampaui standar yang sudah ditetapkan.

Beberapa hambatan yang ditemui pada pelaksanaan pendidikan yang ada di Indonesia yaitu:

  1. Ketidakseimbangan daya tampung.
  2. Pemerataan pendidikan.
  3. Mutu pendidikan yang tidak maksimal.
  4. Kualitas dan jumlah tenaga pendidik terbatas dana pendidikan dan kesesuaian pendidikan di tiap daerah berbeda.
  5. Tidak sedikit terjadi pada masyarakat pedesaan kegiatan untuk menyalahkan anaknya dikarenakan faktor ekonomi, kualitas pendidikan.

Terkait pemerataan pendidikan, selain kualitas antara pedesaan dan perkotaan, ketimpangan perhatian antara sekolah umum dan inklusif juga masih menjadi perhatian pemerintah.


Proses pendidikan yang ada di Indonesia terkadang berjalan tidak sesuai harapan, sehingga seringkali muncul suatu kebijakan untuk dapat menyelesaikan permasalahan terkini untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang merata dan berkualitas.

Pendidikan di Finlandia

Indonesia, Ini dia pebedaan sistem pendidikan Indonesia dengan Finlandia : kenali 5 hambatan Pendidikan Indonesia selanjutnya adalah pendidikan di Finlandia.

Di negara Finlandia, pada tingkat perguruan tinggi untuk calon tenaga pendidik sudah memiliki sekolah praktek yang nantinya sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan internship. Pada proses internship, mahasiswa akan dibimbing oleh guru pendamping.

Tugas dari guru pendamping tersebut melakukan supervisi pada saat mahasiswa melakukan pengajaran di sekolah sehingga guru pendamping dapat mengontrol serta mengevaluasi hasil praktek mengajar mahasiswa.

Hal yang menjadi kontras perbedaan kualitas pendidikan di Indonesia dengan Finlandia yaitu perhatian terhadap pendidikan calon guru secara berkelanjutan.

Guru di negara Finlandia mempunyai hak untuk disekolahkan ke tingkat yang lebih tinggi. Yang telah bergelar magister (S-2) mempunyai hak yang sama dengan tingkat di bawahnya untuk di sekolah kan.

Adanya kebijakan seperti ini tetap mewajibkan guru untuk wajib mengajar meskipun berstatus studi lanjut,saat tenaga pendidik menempuh pendidikan tersebut tenaga pendidik dapat menjadi lebih fokus kepada mata pelajaran yang sudah menjadi konsentrasi atau spesifikasi akademiknya.

 

Proses seleksi tenaga di Finlandia sangat ketat karena profesi sebagai tenaga pendidik termasuk populer di negara ini. Sistem seleksi dilakukan secara terbuka dan evaluasi dilakukan mengikuti standar yang telah dibuat oleh pihak sekolah.

Dari segi penelitian guru, di negara Finlandia berkomitmen menerapkan pendidikan tenaga pendidikan yang mengutamakan penelitian pada visi dan misi pendidikan dan pengajaran.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Ini dia pebedaan sistem pendidikan Indonesia dengan Finlandia : kenali 5 hambatan Pendidikan Indonesia. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.