5 Fungsi Kesenian Gondang Gong

Gondang-Gong4.jpg
(riaumagz.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kesenian adalah ekspresi, gagasan atau perasaan manusia yang diwujudkan melalui pola tingkah laku yang menghasilkan karya yang bersifat estetis dan bermakna.

Kesenian tradisional cenderung bersifat eksklusif. Artinya kesenian tradisional tidak dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat di luar kebudayaan yang melahirkan kesenian tersebut.

Fungsi, nilai dan karakteristik syair kesenian tradisional suatu masyarakat sangatlah khas sehingga tidak mudah untuk dinikmati atau diterima oleh kebudayaan masyarakat lain. Oleh karena itu kesenian tradisional cenderung kurang dapat berkembang. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, 5 fungsi kesenian Gondang Gong, simak ulasannya berikut ini.

Gondang Gong

Salah satu daerah yang memiliki kesenian tradisional adalah kabupaten Rokan hulu. Kesenian yang hingga kini masih bertahan adalah kesenian Gondang Gong. Gendang gong adalah sebuah kesenian tradisional yang ada di kecamatan Kunto Darussalam yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi, kesenian ini merupakan perpaduan beberapa alat musik perkusi atau alat musik pukul yang terdiri dari satu perangkat celempong yang terdiri dari 6 celempong yang berbentuk mirip dengan gong mini, benang yang terdiri dari 2 buah dan sebuah gong.

 

Seiring kemajuan dan perkembangan teknologi kesenian tradisional Gondang Gong, kini mulai tergeser keberadaannya oleh kesenian-kesenian modern.

Keberadaan gonggong sebagai sarana hiburan hanya dirasakan oleh beberapa kalangan saja, terutama kalangan orang tua saja seperti nenek-nenek, bapak-bapak dan ibu-ibu, sedangkan generasi muda penerus bangsa sangat sedikit sekali minat mereka untuk mempelajari dan menggeluti kesenian tradisional seperti gondong ini.

Mereka lebih cenderung mempelajari dan menyaksikan kesenian modern ketimbang kesenian tradisional dikarenakan mereka beranggapan bahwa kesenian kesenian tradisional ini ketinggalan zaman.

5 fungsi kesenian gondang gong

Sarana hiburan

Kesenian gendang Gong merupakan salah satu cara penghilang kejenuhan akibat dari rutinitas sehari-hari, gendang Gong berfungsi untuk hiburan bagi masyarakat atau pekerja pada acara pernikahan serta dalam suatu acara pemerintah. Selain itu, kesenian gendang Gong juga sebagai ajang pertemuan bagi warga lainnya. Mereka memiliki kesempatan untuk berkumpul dan saling bercengkrama di saat menyantap sajian yang telah disediakan oleh tuan rumah.

Media komunikasi

Indonesia, 5 fungsi kesenian Gondang Gong selanjutnya adalah media komunikasi. Pada kesenian gondang Gong, gunung berfungsi mengkomunikasikan atau memberitahu kepada masyarakat bahwa dalam beberapa hari kedepan akan menggelar acara secara tidak langsung bunyi gendang Gong menjadi sebuah sarana komunikasi yang memberitahukan bahwa salah satu warga dari daerah tersebut akan segera melangsungkan pernikahan.

Sarana upacara budaya (ritual)

Bunyi bunyi dan nada-nada yang dihasilkan oleh instrumen gendang Gong sangat memungkinkan untuk mendukung upacara budaya. Di beberapa daerah bunyi yang dihasilkan instrumen atau alat musik tertentu diyakini memiliki kekuatan magis.

Sarana ekspresi diri

Bagi para seniman baik pencipta lagu maupun pemain musik, musik adalah media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, merekam aktualisasikan potensi dirinya. Mengungkapkan perasaan marah, senang, sedih dan bahagia. Melalui musik pula mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan dan cita-cita.

 


 Sarana ekonomi

Bagi para pemain kesenian tradisional Gondang Gong, undang dong tidak hanya berfungsi sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri. Kesenian Gondang wong juga merupakan sumber penghasilan ekonomi. Pertunjukan gondong tidak hanya diadakan di suatu daerah saja tetapi pemain gendang Gong juga diundang oleh desa tetangga atau bahkan kadang juga mengikuti perlombaan di luar kecamatan yang dapat menambah penghasilan ekonomi mereka.

 

Sekian informasi mengenai Indonesia, 5 fungsi kesenian Gondang Gong. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.