Tongkang Kecelakaan di Karimun, Belasan Kontainer Berserakan di Perairan Internasional

Tongkang-kecelakaan.jpg
(Dok. SAR Tanjung Pinang)


RIAU ONLINE, BATAM - Belasan kontainer berserakan di laut akibat kapal tongkang tyang terguling di Peraian Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis, 26 Mei 2022 dinihari. Menurut laporan, ada 18 kontainer yang hanyut hingga perairan internasional.

Perwira Staf Operasi Pangkalan TNI AL (Pasops Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK), Kapten Laut (P) Endy Kurniawan mengatakan, pihaknya melakukan evakuasi kontainer-kontainer yang hanyut tersebut.

Kontainer-kontainer yang posisinya sudah menyebar dengan jarak cukup jauh itu ditarik menuju pinggiran. Sehingga, tidak mengganggu alur pelayaran internasional.

"Kita bersama-sama mengambil satu persatu kontainer yang masuk dalam laut, sehingga jalur pelayaran Internasional di Selat Malaka tidak terganggu," katanya, seperti dilansir dari Batamnews, jaringan RIAUONLINE, Kamis, 26 Mei 2022.

Sejumlah personel dari Polairud Polres Karimun, KSOP, Basarnas melakukan pengamanan jalur pelayaran.


Seperti diketahui, tongkang yang ditarik tugboat TB Mega Daya 43 itu terguling akibat gelombang laut yang kuat. Tongkang bermuatan kontainer itu akhirnya oleng ke kiri. Bagian sisi kiri tongkang akhirnya tenggelam dalam laut.

Posisi kemiringan 60 derajat yang mengakibatkan sejumlah kontainer berserakan di laut.

"Akibat cuaca buruk, angin kencang serta gelombang kuat, sehingga badan tongkang karam sebagian dan barang muatan jatuh kelaut," kata Kapten Laut (P) Endy.

Sementara itu, Basarnas melaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semua anak buah kapal (ABK) selamat.