Pemprov Riau Salurkan Uang Tunai ke Korban Gempa Cianjur, Total Rp 533 Juta

Bantuan-gempa-cianjur.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hari ini telah merampungkan pengumpulan dana bantuan untuk korban gempa Cianjur. Total bantuan yang terkumpul mencapai Rp 533 juta.

Bantuan tersebut akan disalurkan secara tunai oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) T. Zul Efendi dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edy Afrizal.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan ratusan dana bantuan itu dikumpulkan dari sejumlah kepala instansi vertikal hingga kepala OPD dan Pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Syamsuar menyebut mereka menyumbang sejumlah uang tunai mulai dari Rp 1 juta hingga puluhan juta rupiah.


Bantuan disalurkan secara tunai mengikuti instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Mendagri beberapa waktu lalu mengimbau untuk menyalurkan bantuan dalam bentuk uang tunai.

"Diberikan uang tunai karena dari kawan-kawan Cianjur sangat membutuhkan uang, apalagi mereka dana belanjanya tinggal Rp 5 miliar, maka dari itu bapak Menteri Dalam Negeri mengarahkan kepada seluruh kepala daerah untuk membantu uang tunai," ungkap Syamsuar.

Tak hanya itu, bantuan uang tunai juga diperkirakan lebih bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dari masyarakat yang terdapat sari bencana gempa. 

"Bantuan Cianjur hari ini sudah terkumpul uang Rp 530 juta lebih yang ini akan kita berikan langsung kepada bupatinya (Cianjur, red)," ungkapnya saat ditemui di Balai Serindit.

Selain dana sumbangan tersebut, kata Syamsuar, pihaknya juga menunggu bantuan dari Badan Zakat (Baznas). 

"Di Provinsi Riau ini, kami juga lagi menunggu dari Baznas. Semoga nanti ada tambahan dari Baznas," tutupnya.