Masuk Pekanbaru Tak Diswab karena Tak Ada Petugas, Dinas Kesehatan Bilang Begini

Bandara-SSK-II-2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penumpang dua pesawat tidak melewati tahap tes swab antigen saat mendarat di Pekanbaru. Mereka tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, pada Jumat, 09 Juli 2021.

Penumpang pesawat berasal dari Jakarta dan Bandung. Mereka mendarat di Bandara SSK II dengan pesawat Citilink.

 

Tes swab antigen tidak dilakukan lantaran tidak ada petugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan saat kedatangan penumpang pesawat dari Pulau Jawa tersebut.

 

Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengatakan hal tersebut merupakan tugas dari petugas Dinas Kesehatan Provinsi.

 

"Iya itu petugas Dinkes Provinsi yang mestinya melalukan tes swab antigen. Kita hanya bertugas sesuai arahan Gubernur Riau," jelas petugas Dinkes Kota yang tidak ingin disebutkan nama.

 

Ia pun menyayangkan telah terjadi kecolongan di Bandara SSK II. Menurutnya, kedatangan penumpang pesawat dari luar pulau cukup mengkhawatirkan. Apalagi tidak ada proses tes swab antigen.

 

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, saat dikonfirmasi menyebut belum mengetahui secara pasti info tersebut.

 

Dirinya kaget saat mendengar petugas tidak berada di bandara. Mereka mestinya melakukan tes swab antigen kepada penumpang pesawat. 

 


 

 

Pihaknya pun akan langsung melakukan konfirmasi terhadap informasi tersebut. "Astaghfirullah, gak tau. Nanti saya konfirmasikan ya," ucap Indra Yovi.

 

Petugas bagian kedatangan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandar SSK II, Albert membenarkan, hingga siang belum ada petugas rapid antigen yang tiba di Bandara SSK II Pekanbaru.

 

“Biasanya ada petugas rapid antigen yang standby, siang ini belum ada yang datang, anggota dari Polsek Limapuluh juga sudah bersiap semua,” ujar Albert yang bertugas di bagian kedatangan penumpang.

 

Ia menyebut, penumpang pesawat yang tiba di Pekanbaru wajib mengisi kartu kesehatan. Para penumpang wajib mengisi  E-HAC yang disediakan pihak bandara.