Lama Menunggu, 173 PPPK Kota Pekanbaru Akhirnya Terima SK

terima-sk.jpg
(Laras Olivia/ Riau Online.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 173 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menerima surat keputusan (SK) hari ini, Senin 1 Maret 2021. Penyerahan SK di lapangan perkantoran Wali Kota, Tenayan Raya.

Seperti yang dirasakan salah satu guru di SDN 91 Kota Pekanbaru. Ia bersama rekannya bersyukur karena bisa menjadi PPPK di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Mereka sudah lama menjadi Honor K2. Selama dua tahun mereka harus menanti hingga akhirnya resmi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Penantian membuahkan hasil. Kami bersyukur sekian lama menunggu akhirnya dapat SK hari ini," ucap pria yang tak ingin disebut namanya kepada riauonline.

Ia bersama rekan-rekannya jalani seleksi pada April 2019. Mereka sudah menjadi guru honor sejak tahun 2004. Satu tahun setelah itu diangkat menjadi honor daerah.


"Kita bersyukur dengan hasil seleksi PPPK saat itu, walau kami baru terima SK tahun ini," ulasnya.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan bahwa perekrutan PPPK sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan daerah. Secara anggaran, PPPK baru dianggarkan pada tahun 2021.

"Jadi sudah menjadi atensi daerah agar yang lulus diangkat menjadi PPPK," jelasnya usai penyerahan SK.

Menurutnya, pemerintah baru bisa menganggarkan tahun ini. Ia menyebut pada tahun lalu pemerintah kota belum bisa menganggarkan untuk PPPK.

"Maka saya sampaikan tadi kepada para PPPK, mereka digaji oleh pemerintah kota sesuai Peraturan Menpan RB," terangnya.

Jamil mengatakan untuk ke depannya pemerintah kota akan menambah PPPK. Mereka merekrut sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Kita berharap PPPK bisa ikut meningkatkan layanan pendidikan dan penyuluhan pertanian," ulasnya.

Ia belum memastikan jadwal perekrutan PPPK. Ia menyebut Badan Kepegawaiaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru bakal mendata Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang butuh PPPK.