32 Tersangka Pelaku Karhutla di Riau Diproses Hukum

Karhutla-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyatakan sebanyak 32 tersangka pelaku pembakaran hutan dan lahan tengah menjalani proses hukum dari 27 kasus yang ditangani di wilayah tersebut.

"Polres Rokan Hilir menangani enam laporan polisi dengan total sembilan pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Selasa 

Penegakan hukum di Rokan Hilir selaras dengan kondisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah itu. Rokan Hilir pada 2018 ini merupakan wilayah yang mengalami Karhutla terparah dibanding kabupaten lainnya di Riau. Lebih dari 1.980 hektare lahan di wilayah itu terbakar. Sebagian besar Karhutla bahkan terjadi pada awal Agustus 2018 lalu, atau beberapa pekan sebelum Asian Games berlangsung.

Baca Juga Ribuan Warga Rokan Hilir Dikepung Kabut Asap Karhutla

Berdasarkan catatan, lokasi Karhutla di wilayah itu bahkan sempat meluas ke areal pemukiman dan membakar sejumlah rumah serta kendaraan seperti mobil dan motor. 

Dia menjelaskan dari seluruh tersangka yang ditangani oleh jajaran Polres Rokan Hilir dari perorangan, dan belum ada yang mengarah ke korporasi. 

Selain di Rokan Hilir, proses penegakan hukum juga dilakukan oleh Polres Dumai dengan memproses enam tersangka, empat tersangka di Indragiri Hulu dan Rokan Hulu. Selanjutnya tiga tersangka Pelalawan, dua di Bengkalis dan Pelalawan. Serta satu tersangka masing-masing di Indragiri Hilir, Kampar dan Siak. 

Klik Juga 3 Warga Sipil Di Rohil Tertangkap Tangan Bakar Hutan


Lebih jauh, Sunarto mengatakan dari total 32 tersangka tersebut, 12 diantaranya telah diserahkan ke jaksa untuk proses sidang. Sementara 20 lainnya masih menjalani pemberkasan di kepolisian.

Sementara itu, dari seluruh kasus yang ditangani oleh kepolisian, ia menuturkan seluas 144,5 hektare lahan turut disegel dan dalam status quo selama penyidikan berlangsung. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id