3 Warga Sipil di Rohil Tertangkap Tangan Bakar Hutan

Karhutla-Dumai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE - Tiga terduga pembakar lahan di Kabupaten Rokan Hilir tertangkap tangan oleh personel TNI AD yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Komandan Resor Militer 031 Wirabima Brigadir Jenderal Sonny Aprianto mengatakan, ketiga pelaku telah diserahkan ke pihak berwajib guna penyelidikan dan penanganan hukum lebih lanjut.

"Benar, ada tiga orang kita tangkap di Rokan Hilir kemarin. Sekarang sudah kita serahkan ke Kepolisian," kata Sonny, seperti dilansir dari Liputan6.com, Selasa, 21 Agustus 2018.

Sayangnya, dia tidak mengungkap identitas ketiga pembakar hutan dan lahan yang diamankan tersebut. Namun, dia menyebutkan ketiganya merupakan masyarakat sipil dan bukan dari korporasi atau perusahaan.

Sebelumnya, Sonny pernah mengeluarkan pernyataan akan menindak tegas pelaku pembakar lahan. Tindakan itu antara lain menembak pembakar lahan jika tertangkap tangan oleh TNI AD yang dikerahkan membantu pemadaman, terutama di wilayah Rokan Hilir.

Namun, saat dikonfirmasi terkait pernyataan sebelumnya tersebut, Sonny mengatakan pihaknya masih memberikan toleransi dan memilih menyerahkan langsung ke polisi.

"Enggaklah (tidak ditembak di tempat). Kita dalam penanganan itu tetap ada SOP-nya. Enggak juga main langsung tembak gitu," ujar dia soal kebakaran hutan dan lahan di Riau.