Bawaslu Riau Pastikan Alat Bantu Pemilih Disabilitas Sesuai Standar

Disabilitas2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau memastikan alat bantu disabilitas bagi pemilih sudah memenuhi standar kualitas dan kegunaan.

 

Oleh karenanya, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal melakukan pengawasan langsung ke PT Pura Barutama-Unit Total Security System (TSS), Kudus Jawa Tengah.

 

"Tujuan kami datang ke PT. Pura Barutama ini untuk mengecek dan memastikan pengadaan alat bantu disabilitas netra telah memenuhi standar. Kami juga ingin tahu proses produksi dan distribusinya," ujarnya, Rabu, 20 Desember 2023.

 

Ia menjelaskan, pengawasan dilakukan termasuk penggunaan kertas bagi pemilih disabilitas agar sama dengan spesifikasi yang telah ditetapkan KPU.

 


 

Marketing Support PT Pura Barutama, Oggy Tresna Muhammad menjelaskan, pihak perusahaan telah mengikuti standar kualitas yang dimintakan oleh KPU. Oggy juga mengatakan, pengadaan alat bantu disabilitas netra untuk Provinsi Riau sudah selesai cetak.

 

"Untuk Riau, mulai cetak pada tanggal 16 Desember 2023, dan sudah selesai. Alat bantu disabilitas netra PPWP sudah packing, sementara untuk  pemilihan DPD sedang proses potong dan lipat. Rencananya  akan dikirim ke Pekanbaru pada tanggal 21 Desember 2023 mendatang," jelasnya.

 

Ia menambahkan, total alat bantu disabilitas netra yang dicetak untuk wilayah Riau sebanyak 38.732 pcs. Jumlah tersebut diantaranya terdiri dari 19.366 pcs untuk PPWP, dan 19.366 pcs untuk pemilihan DPD.