Hadapi Pemilu 2024, Demokrat Bekali Caleg dengan Pendidikan Politik

Agung-Nugroho24.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ratusan calon legislatif (caleg) partai Demokrat dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau antusias mengikuti pembekalan dan pendidikan politik di Grand Central Hotel Pekanbaru, Jumat 20 Oktober 2023.

Kegaiatan mengundang seluruh ketua DPC dan bacaleg Provinsi  Riau serta anggota fraksi partai Demokrat provinsi maupun kabupaten/kota. Selain pembekalan juga konsolidasi partai Demokrat se Provinsi Riau untuk mempersiapkan partai dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Provinsi Riau Agung Nugroho mengucapkan terimakasih atas kehadiran para para anggota franksi dan para bacaleg fraksi dalam keikutsertaan Pendidikan politik dan pembekalan caleg DPRD Provinsi Riau serta konsolidasi partai Demokrat se Provinsi Riau.

 

"Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para anggota fraksi dan para bacaleg karena memang selama kita mengikuti tahapan pemilihan legislatif yang sudah diagendakan oleh KPU. Hari ini secara khusus dan resmi dikumpulkan seluruh caleg fraksi Demokrat Provinsi Riau yang hanya mengundang caleg atau anggota dewan kabupaten/kota saja, karena sasarannya kita ingin membahas kompensasi caleg khususnya di Provinsi Riau yang selama ini belum pernah kita bedah," paparnya.

 

Ketua Srikandi Demokrat Riau Sulastri yang turut hadir juga menyampaikan harapannya terkait dengan keterwakilan perempuan pada calon legislatif tingkat DPR-RI.

 

"Kemarin kami bertemu Annisa Pohan, beliau menyampaikan bahwa keterwakilan perempuan DPR-RI untuk target partai demokrat itu 30 persen wajib. Namun sampai hari ini baru sepuluh orang atau 18 persen kurang dari 55 orang target, pastinya ini merupakan sinyal dan kita harus bekerja keras bagaimana kita menangkap itu, saya berharap bagaimana kita bisa minimal menambah satu kursi lagi di DPR-RI," ungkapnya.


 

Kegiatan pembekalan dan pendidikan politik oleh partai Demokrat ini dilaksanakan dalam mempersiapkan partai baik secara struktur, DPC dan fraksi serta caleg-caleg yang akan berjuang dalam menghadapi tahapan pemilu mendatang.

 

"Agar kita tidak ragu-ragu lagi dengan tahapan pemilu ke depannya. Target dan capaian politik semua akan mudah kita capai dengan adanya senergi antara DPD, DPC, fraksi maupun caleg caleg yang ada di lapangan nantinya," jelas Ketua Panitia Pelaksana, Denny Saputra.

 

Denny menyampaikan bahwa mereka telah mendaftarkan calon sementara partai Demokrat Provinsi Riau ke KPU. Total ada 495 bacaleg kabupaten kota dan 65 bacaleg Provinsi Riau telah memenuhi kursi bacaleg serta memenuhi syarat oleh KPU.

 

"Kami melakukan tahapan daftar calon sementara di KPU dan akan segera diumumkanmya daftar calon tetap pada tanggal 4 November. Alhamdulillah dari partai Demokrat Provinsi Riau semuanya dinyatakan memenuhi syarat  oleh KPU, tentunya ini merupakan hasil kerja keras kita bersama dan harapannya semoga para bacaleg kita mampu berjuang maksimal dan Demokrat menjadi pemenang di pemilu 2024," harapnya.

 

Sementara itu, kata Denny, dari 58 anggota fraksi Partai Demokrat seluruh Provinsi Riau terdapat 52 yang maju kembali mengikuti pemilu legislatif 2024.

 

Kegiatan Pendidikan politik dan pembekalan caleg DPRD Provinsi Riau serta konsolidasi partai Demokrat se Provinsi Riau dipimpin oleh ketua DPD Demokrat Riau, Agung Nugroho Ketua fraksi Demokrat DPRD Riau, Kelmi Amri  Ketua Badan Kehormatan Demokrat Riau Eddy M Yatim ,Plt sekertaris DPD Demokrat Eka Buana Putra serta pembekalan oleh KPU dan Bawaslu yang diikuti oleh seluruh anggota fraksi Demokrat seluruh Provinsi Riau.