Harga Tepung Sagu dan Kelapa Butiran di Riau Tetap Stabil, Kopra Naik

Ilustrasi-kelapa-butir.jpg
(ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau mendata harga produk komoditi perkebunan di Provinsi Riau sepertu kelapa butiran dan tepung sagu cenderung stabil di beberapa daerah. 

 

Kepala Bidang Pengolahan dan Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan hanya kopra dan pinang yang mengalami perubahan harga beragam.

 

"Para pelaku usaha dan petani di sektor ini diharapkan terus memantau perkembangan harga guna mengambil langkah yang tepat dalam pengelolaan usaha mereka," ujar Defris, Rabu 30 Agustus 2023. 

 

Ia merincikan, untuk harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, dan Kepulauan Meranti, serta Kabupaten Inhil, pada minggu ini berada pada angka Rp2.836/kg atau tidak mengalami perubahan dari pekan sebelumnya. 

 

Disusul harga tepung sagu basah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti tetap stabil.


 

"Menurut data yang dirilis, harga tepung sagu basah masih bertahan di angka Rp2.350/kg. Hal ini menunjukkan konsistensi dalam pasar tepung sagu basah," tukasnya. 

 

Namun, harga pinang kering (100%) di beberapa tempat malah mengalami perubahan. Di Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis, harga pinang kering mencapai Rp5.809/kg.

 

"Terjadi penurunan tipis sebesar Rp30/kg dibandingkan dengan harga minggu sebelumnya," ungkapnya.

 

Kendati demikian, petani kopra sedikit bernafas lega sebab harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami kenaikan.

 

"Tercatat bahwa harga kopra naik menjadi Rp5.150/kg. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar Rp75 dari harga minggu sebelumnya.  Memberikan sedikit kelegaan bagi para petani kopra," pungkasnya.