Syamsuar Sebut Gerakan UMKM di Riau Semakin Besar

Gernas-Bangga-Buatan-Indonesia.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Di acara Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI BBWI) pada Sabtu, 29 Juli 2023, Gubernur Riau Syamsuar menyebut UMKM di Riau tumbuh dan berkembang pesat. Melalui momentum BBI BBWI ini, agar tingkatkan kolaborasi dan kerjasama dengan mengangkat kearifan lokal.

 

"UMKM di Riau semakin besar. Pemprov Riau bersama BI dan OJK telah menyiapkan serangkaian pelatihan kepada UMKM dengan jumlah 12 ribuan UMKM dengan anggaran 15 ribu M," sebutnya.

 

Ia mengakui bangga lantaran Riau menjadi bagian harvesting BBI BBWI ini menjadi bagian meningkatkan ekonomi pariwisata di Riau. Gernas ini juga sekaligus memperkenalkan potensi yang ada di Riau.

 

Dalam hal ini, orang nomor satu di Riau menyebut targetnua dapat menghasilkan 50 M. Adapun realisasi UMKM sampai Juli 2023 mencapai 47 M dan gerakan BWI mencapai 18.6 M. 

 


"Berhasil melampaui target yang diberikan oleh pemerintah pusat. Jumlah ini akan semkain meningkat karena masih ada event pariwisata Riau yaitu paju jalur, kenduri Riau, dan festival di Bengkalis," katanya.

 

Pada 2022 lalu wisatawan mancanegara yang berunjungan sebanyak 332.963 orang melebihi target yang ditentukan yakni 63 ribu. Sementara, kunjungan nusantara 8 jutaan ini melebihi dari penduduk Riau. 

 

 

 

 

"Kami akan terus pengembangan pariwisata terutama destinasi wisata desa. Telah melakukan branding ekonomi kreatif. Serta melakukan optimalisasi badan kretif Hub," ujarnya. 

 

Ini semua menurutnya, untuk mendorong inklusi ekonomi di Indonesia. Gerakan UMKM di Riau semakin besar.