Luhut Minta 5 Bulan Kedepan PDN Riau Terealisasi hingga 95 Persen

Gernas-Bangga-Buatan-Indonesia2.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menteri Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan hadir secara virtual pada Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI BBWI) di Riau. Riau memiliki memori tersendiri bagi Luhut. Itu lantaran masa kecilnya tinggal di Rumbai, Pekanbaru.

 

Poin penting yang disampaikan menteri segala menteri ini yakni agar gali terus potensi melalui acara gernas harvesting untuk berkontribusi.

 

"Sesuai harapan presiden agar bisa mendorong Pinjaman Dalam Negeri (PDN) mencapai 95 persen. Saya harap dalam lima bulan bisa mencapai target mencapai 95 persen yakni 45 persen untuk belanja daerah," ucapnya. 

 

Dijelaskannya, realisasi PDN Riau sampai Juli baru mencapai 45 persen dari total perencanaan senilai 97 T. Nilai ini masih sangat jauh yang dibuat.

 

"Tertinggi di Dumai 59 persen sedangkan terendah di Kuantan Singingi dan Pelalawan yakni 16 persen serta Pekanbaru baru terealisasi 25 persen," terangnya.


 

Berdasarkan perhutungan Bappenas, optimalisasi Belanja PDN akan memberi dampak pertumbuhan ekonomi sebesar 0.12 persen dan penyerapan tenaga kerja sebesar 0.23 persen setara 277 ribu tenaga kerja pada triwulan pertama tahun 2023.

 

"Saya harap dalam lima bulan bisa mencapai target mencapai 95 persen yakni 45 persen untuk UMKM dan dominan melalui e-katalog," tegasnya.

 

 

 

 

Di triwulan ketiga, Luhut meminta gubernur agar mengawasi pencapaian kabupaten kota disamping pemanfaatan e-katalog yang ada. Destinasi wisata perlu diperhatikan untuk mencapai target 1.2 M sampai 1.4 M perjalanan. Itu diperlukan dukungan anggaran 3 persen.

 

"Seluruh OPD harus mendukung ini utamanya kebijakan gubernur serta industri di Riau. Kunci keberhasilan BBI BBWI terciptanya sinergi dari pemangku kepentingan. Persiapan ini agar dilakukan setiap tahunnya," ujarnya.