6 Hektare Lahan di Dumai Terbakar di Hari Lebaran

Karhutla-BBKSDA2.jpg
(BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Provinsi Riau kembali ditebar ancaman asap oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

Hal ini membuat sejumlah wilayah di Kota Dumai nampak samar dan langit mulai berasap oleh Karhutla.

Tak tanggung-tanggung, luas lahan yang terbakar di Kota Dumai mencapai 6 hektare.

"Kondisi kebakaran saat ini cukup parah, luas hutan dan lahan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 6 hektar," ujar Kepala Manggala Agni Daops Sumatera V/Dumai, Ismail Hasibuan, dikutip RiauOnline.co.id dari Kumparan, Sabtu, 22 April 2023.

"Petugas terus berupaya memutus kepala api agar tidak semakin meluas ke lahan yang belum terbakar," ujarnya.

Kebakaran besar ini terjadi dua hari menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah. Kawasan yang terbakar merupakan hutan dan semak belukar.

"Umumnya yang terbakar semak belukar lahan gambut, yang sulit untuk dipadamkan," jelasnya.

Sejak ditetapkannya siaga darurat karhutla di Provinsi Riau pada 13 Februari 2023 lalu, luasan lahan yang terbakar di Riau mencapai ratusan hektar.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sepanjang 2023, ada 131,44 hektar lahan dan hutan yang terbakar.

 


 

Adapun rincian luas karhutla di Riau: pertama di Kabupaten Bengkalis 79,87 hektar. Disusul Kota Dumai 19,27 hektar, Kabupaten Siak 9,95 hektar.

Kota Pekanbaru 7,2 hektar, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Rokan Hilir (Rohil) sama-sama seluas 5,5 hektar, Kepulauan Meranti 2,5 hektar, Kabupaten Kampar 1 hektar, dan Indragiri Hulu (Inhu) 0,65 hektar