7 Jenis dan Prinsip Pengolahan Karet

pohon-karet4.jpg
(Pixabay)

Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tanaman Karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang menduduki posisi cukup penting sebagai sumber devisa non migas bagi negara Indonesia, sehingga memiliki prospek yang yang cerah.

Upaya peningkatan produktifitas usaha tani karet terus dilakukan terutama dalam bidang teknologi budidayanya. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Karet, Ketahui 7 jenis dan prinsip pengolahan karet, simak ulasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Karet

Karet adalah Polimer hidrokarbon yang terbentuk dari emulasi kesusuan (dikenal sebagai latex) yang diperoleh dari getah beberapa jenis tumbuhan pohon karet tetapi dapat juga diproduksi secara sintetis.

 

Ada beberapa macam karet alam yang dikenal, di antaranya merupakan bahan olahan. Bahan olahan ada yang setengah jadi atau sudah jadi. Ada juga karet yang diolah kembali berdasarkan bahan karet yang sudah jadi Jenis-jenis karet alam yang dikenal luas adalah :

  1. Bahan olah karet (lateks kebun, sheet angin, slab tipis dan lump segar)
  2. Karet konvensional (RSS, white crepes, dan pale crepe)
  3. Lateks pekat
  4. Karet bongkah atau block rubber (SIR 5, SIR 10, dan SIR 20)
  5. Karet spesifikasi teknis atau crumb rubber
  6. Karet, Ketahui 7 jenis dan prinsip pengolahan karet selanjutnya adalah karet siap olah atau tyre rubber
  7. Karet reklim atau reclaimed rubber

Diantara jenis-jenis karet tersebut yang paling banyak diekspor keluar negeri adalah karet SIR 20 karena sebagian besar perusahaan swasta menggunakan bahan olah karet rakyat.

Yang dimaksud dengan SIR adalah Standar mutu karet bongkah Indonesia tercantum dalam Standar Indonesia Rubber (SIR). SIR 20 adalah Karet bongkah (karet remah) yang telah dikeringkan dan dikilang menjadi bandela-bandela dengan ukuran yang telah ditentukan.

Karet alam SIR-20 berasal dari koagulum (lateks yang sudah digumpalkan) atau hasil olahan seperti lum,sit angin, getah keeping sisa, yang diperoleh dari perkebunan rakyat dengan asal bahan baku yang sama dengan koagulum.

Prinsip tahapan proses pengolahan karet alam SIR-20 yaitu :

  1. Sortasi bahan baku
  2. Pembersihan dan pencampuran makro
  3. Peremahan
  4. Pengeringan
  5. Pengempaan bandela
  6. Pengemasan

Penggunaan Karet Karet banyak digunakan dalam industri-industri barang. Umumnya alat- alat yang dibuat dari karet alam sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari maupun dalam industri seperti mesin-mesin pengerak.


 

Barang yang dapat dibuat dari karet alam antara lain ban mobil, tetapi juga ditemukan dalam sekelompok produk-produk komersial termasuk sol sepatu, segel karet, insulasi listrik, sabuk penggerak mesin besar dan mesin kecil, pipa karet, kabel, isolator, bahan-bahan pembungkus logam, aksesoris olah raga dan lain-lain.

Sekian informasi mengenai Karet, Ketahui 7 jenis dan prinsip pengolahan karet. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.