5 Manfaat Sekaligus Bahaya Buah Nanas bagi Kesehatan

nenas33.jpg
(pixabay)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Buah nanas merupakan buah tropis yang sangat mudah dijumpai di Indonesia, selain rasanya yang segar buah nanas kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Namun d ibalik sejumlah manfaat buah nanas, terdapat beberapa kandungan yang berbahaya bagi kesehatan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Buah, Ini dia 5 manfaat dan bahaya buah nanas bagi kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat buah nanas

Memperkuat tulang

Buah nanas bisa memenuhi 73% jumlah mangan, mangan merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perkembangan serta perlindungan tulang yang kuat dan sehat.

 

Mangan dapat mencegah kelainan pada tulang seperti osteoporosis, mangan bekerja dengan cara memperkuat tulang bagi orang dewasa. Sedangkan bagi anak-anak, kandungan mangan yang terdapat pada buah nanas akan terlibat dalam sistem pertumbuhan dan perkembangan tulang anak-anak.

Menjaga kesehatan mata

Nanas sangat baik untuk kesehatan mata, karena buah ini baik untuk melawan floaters. Floaters merupakan titik yang yang muncul dan melayang-layang di pandangan mata sehingga mengganggu penglihatan.

Tanda tersebut merupakan serat mikroskopis yang terbentuk akibat bagian vitreous dimata kehilangan konsistensinya dan mengecil. Buah nanas yang dikonsumsi dapat mengurangi kemunculan floaters, hal ini dapat dipercaya karena adanya beberapa enzim pada buah nanas yang dapat mengurai zat ekstraseluler serat mikro.

Meningkatkan imunitas tubuh

Buah nanas mengandung banyak vitamin, mineral dan enzim yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menekan inflamasi. Anak yang terkena infeksi sinus dapat sembuh dengan cepat ketika diberi suplemen bromelain yang umum ditemukan pada kandungan buah nanas.

Kandungan bromelin ini membatasi inflamasi dan dipercaya dapat membantu sistem imun pada tubuh.

Mengatasi masalah pencernaan


Bromelain yang terkandung pada buah nanas memiliki peranan penting dalam memecah protein. Karena protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit untuk dicerna, terkadang protein menjadi salah satu penyebab sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Buah nanas menjadi solusi karena mengandung sedikit serat yang merawat saluran pencernaan dan usus. Anda dapat membuat jus buah nanas sebagai alternatif obat sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Antioksidan yang tinggi

Antioksidan yang tinggi yang terdapat pada buah nanas baik untuk kesehatan dan membantu tubuh melawan stres oksidatif. Reaksi ini terjadi di pada saat radikal bebas ada dalam jumlah yang banyak pada tubuh.

Radikal bebas dapat terhubung dengan sel kanker dan menyebabkan kerusakan maka dari itu kemungkinan akan muncul inflamasi kronis, sistem imun yang lemah dan penyakit berbahaya lainnya.

Dengan sifat antioksidan yang terkandung pada buah nanas cukup tinggi karena adanya flavonoid dan asam fenolik serta komponen antioksidan yang saling terhubung menjadikan buah nanas bertahan di kondisi tubuh yang berat dan memberi efek yang bertahan lama.

Buah, Ini dia 5 manfaat dan bahaya buah nanas bagi kesehatan selanjutnya adalah bahaya buah nanas

Bahaya buah nanas

Meningkatkan resiko keguguran

Buah nanas memiliki dampak berbahaya bagi ibu hamil dan kandungannya jika dikonsumsi berlebihan, karena beberapa enzim pada buah nanas dapat meningkatkan kontraksi uterus pada masa awal kehamilan.

Inilah penyebab naiknya resiko aborsi dan berujung pada keguguran. Maka dari itu ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah nanas.

Menyebabkan reaksi alergi

Beberapa orang mengalami efek samping ketika mengkonsumsi buah nanas, khususnya bagi orang yang alergi serbuk sari. Reaksi dapat ditandai dengan sensasi menusuk di tenggorokan, lidah gatal, bibir bengkak dan lain sebagainya. Enzim-enzim yang menyebabkan seseorang mengalami alergi tersebut, enzim-enzim tersebut dapat disingkirkan.

Meningkatkan gula darah

Buah nanas memang baik untuk disantap penderita diabetes, namun terdapat efek samping jika mengonsumsi nanas secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan gula darah meningkat, walaupun nanas mengandung gula alami seperti sukrosa dan fruktosa, penderita diabetes sebaiknya hanya memakan satu hingga dua nanas saja per harinya tidak boleh berlebihan.

Dapat bereaksi terhadap obat-obatan yang dikonsumsi

Kandungan bromelain yang terkandung pada buah nanas memiliki banyak manfaat, namun bromelain juga membawa dampak buruk bila dikonsumsi bersama beberapa obat seperti antikonvulsan dan antibiotik. Lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika ingin menyantap buah nanas pada masa pengobatan.

Merusak enamel dan menodai Gigi

Nanas yang di konsumsi secara teratur akan membuat gigi dan gusi. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan merusak gigi karena kandungan gula yang dimilikinya.

 

Sifat asam nanas juga dapat mengikis enamel gigi. Oleh sebab itu direkomendasikan untuk memakan nanas dalam penyajian yang sedang khususnya bagi penderita gigi berlubang dan permasalahan gigi lainnya.

Sekian informasi mengenai Buah, Ini dia 5 manfaat dan bahaya buah nanas bagi kesehatan. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.