Dampak Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Bali34.jpg
(pixabay.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Salah satu indikator ekonomi yang menjadi perhatian bagi suatu negara adalah pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Saat ini di Indonesia terus berkembang dan kian menunjukkan angka perbaikan dalam meningkatkan pendapatan atau devisa negara.

Salah satu sektor andalan yang dimiliki Indonesia adalah pariwisata yang saat ini telah berkembang dan menjadi salah satu industri terbesar di Indonesia.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Wisata, Dampak sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, simak ulasannya berikut ini.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia berkat sektor pariwisata

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang harus dimanfaatkan untuk pembangunan kepariwisataan sebagai bagian dari pembangunan nasional dengan tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Berkembangnya mata rantai pendapatan dari 1 sektor unit usaha ke unit usaha lainnya yaitu dampak terhadap pendapatan pajak bagi pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan.

Sektor pariwisata dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah nilai tukar, program promosi wisata dan jumlah kunjungan. Nilai tukar atau kurs merupakan salah satu satuan mata uang yang dipakai untuk melakukan transaksi dalam perdagangan internasional.

Strategi pemasaran pun sangat diperlukan guna pemilihan terhadap suatu tindakan dari beberapa pilihan yang ada yang melibatkan kelompok atau pelanggan tertentu dengan metode komunikasi, penentuan harga jaringan distribusi.

Jadi, pemasaran berkenaan dengan kegiatan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan secara memuaskan yang berlandaskan pada kreasi barang atau jasa secara fisik, serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia disertai sejumlah komponen yang dibeli secara terpisah atau bersama-sama yaitu produk gabungan yang melibatkan transportasi, akomodasi, sumber daya alam, hiburan dan fasilitas lainnya seperti toko, bank, agen perjalanan dan operator.


Wisata, Dampak sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Pariwisata memiliki 3 aspek pengaruh yaitu:

  1. Aspek ekonomis, sumber devisa dan pajak-pajak
  2. Aspek sosial, penciptaan lapangan kerja
  3. Aspek budaya

Pariwisata tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan devisa saja tetapi menciptakan lapangan kerja, merangsang pertumbuhan industri pariwisata oleh karena itu sektor ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi.

Hal inilah yang menjadi alasan berbagai negara termotivasi untuk mengembangkan sektor pariwisata. Permintaan dalam pariwisata dapat berupa pemandangan yang indah, udara yang segar, langit yang cerah, mata yang bersih dan sebagainya.

Berbeda dengan permintaan terhadap barang atau jasa pada umumnya, permintaan industri pariwisata memiliki karakter sendiri yaitu terpusat pada tempat-tempat tertentu, sangat dipengaruhi oleh musim, bersaing dengan permintaan barang barang mewah, tergantung tersedianya waktu senggang atau hari libur, teknologi transportasi. Aksebilitas dan terpusat pada tempat-tempat tertentu yang dinilai indah.

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan perjalanan wisata yaitu:

  1. Faktor Sosio ekonomi, seperti level pendapatan, tempat tujuan, demografi dan tergantung berapa lamanya waktu luang yang dimiliki.
  2. Faktor teknis, faktor yang berkaitan dengan kemudahan komunikasi dan fasilitas transportasi yaitu.
  3. Faktor psikologis dan kebudayaan yaitu faktor yang menggambarkan pilihan individu dan gaya hidup wisatawan.
  4. Faktor acak, yang berkaitan dengan adanya peristiwa atau kejadian tak terduga seperti bencana alam wabah penyakit atau ketidakstabilan politik.

Sekian informasi mengenai Wisata, Dampak sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat begi pembaca.