King of Fruit, Ketahui Jenis 4 Media Tanam yang Baik untuk Durian

durian3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Durian merupakan tanaman tropis, sebutan populer buah ini adalah king of fruit atau raja dari segala buah.

Sebutan durian diduga berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an sehingga menjadi durian.

Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian berasal dari hutan Kalimatan berupa tanaman liar.

Penyebaran durian ke arah Barat adalah ke Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Durian, King of fruit, ketahui jenis dan 4 media tanam yang baik pada tumbuhan durian, simak ulasannya berikut ini.

 

 

Ketinggian untuk bertanam durian tidak boleh lebih dari 800 m dpl. Tetapi ada juga tanaman durian yang cocok ditanam diberbagai ketinggian, atau tanah yang berbukit yang kemiringannya kurang dari 15 kurang praktis daripada lahan yang datar.


Jenis Tanaman Durian

Tanaman durian termasuk famili Bombaceae sebangsa pohon kapuk-kapukan. Yang lazim disebut durian adalah tumbuhan dari marga (genus) Durio, Nesia, Lahia, Boschia dan Coelostegia.

Ada puluhan durian yang diakui keunggulannya oleh Menteri Pertanian dan disebarluaskan kepada masyarakat untuk dikembangkan. Macam varietas durian tersebut adalah durian sukun (Jawa Tengah), petruk (Jawa Tengah).

Kemudia sitokong (Betawi), simas (Bogor), sunan (Jepara), otong (Thailand), kani (Thailand), sidodol (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi) dan sihijau (Kalimantan Selatan).

Manfaat Tanaman Durian

Manfaat durian selain sebagai makanan buah segar dan olahan lainnya, terdapat manfaat dari bagian lainnya, yaitu:

  1. Tanamannya sebagai pencegah erosi di lahan-lahan yang miring.
  2. Batangnya untuk bahan bangunan atau perkakas rumah tangga.
  3. Bijinya yang memiliki kandungan pati cukup tinggi, berpotensi sebagai alternatif pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya).
  4. Kulit dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.

Media Tanam Durian

  1. Tanaman durian baik ditanam ditanah yang subur yaitu tanah yang kaya bahan organik. Partikel penyusunan tanah seimbang antara pasir liat dan debu sehingga mudah membentuk remah.
  2. Tanah yang cocok untuk durian adalah jenis tanah grumosol dan ondosol. Tanah yang memiliki ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, dan kemampuan mengikat air tinggi.
  3. Durian, King of fruit, ketahui jenis dan 4 media tanam yang baik pada tumbuhan durian selanjutnya adalah derajat keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian adalah (pH) 5-7, dengan pH optimum 6-6.
  4. Tanaman durian termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam, maka membutuhkan kandungan air tanah dengan kedalam cukup, (50-150 cm) dan (150-200 cm). Jika kedalaman air tanah terlalu dalam, rasa buah tidak manis, tanaman akan kekeringan dan akarnya busuk akibat selalu tergenang.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Iklim

Sekian informasi mengenai Durian, King of fruit, ketahui jenis dan 4 media tanam yang baik pada tumbuhan durian. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.