Upaya Dalam Mempertahankan Budaya Melayu

Upaya-dalam-mempertahankan-budaya-melayu.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Melayu merupakan kata yang sangat penuh makna dan dimaknai dalam berbagai keperluan. Begitu pentingnya Melayu sehingga makna tersebut juga terlihat pada visi Riau 2020, yang mengatakan akan menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu di Asia tenggara.

Berbicara tentang Melayu, tidak terlepas dari kesultanan atau kerajaan Melayu Islam yang pernah berjaya di bumi lancang kuning ini, yang telah memberikan kontribusi besar dalam masyarakat tentang Melayu yang kita maknai sekarang.

Bagaimana kejayaan kesultanan Melayu tersebut? saat ini Riau online akan membahas mengenai Riau, Upaya dalam mempertahankan budaya melayu, simak ulasannya berikut ini.

Memudarnya budaya Melayu Riau

Pada abad ke-19 penjajahan Belanda memainkan peranannya dalam bidang politik dan ekonomi, sehingga masyarakat melayu mengalami berbagai keterbatasan dalam mengembangkan dirinya, terutama dalam mengembangkan nilai-nilai budaya.

 

 

Saat itulah masyarakat dan budaya Melayu Riau kehilangan eksistensinya akibat hegemoni kolonial yang semakin dominan. Akibatnya kegiatan kegiatan masyarakat yang berkaitan langsung dengan kebutuhan lokalitas dan kebudayaan terabaikan. Akhirnya budaya Melayu terkikis dan memudar.

 Implikasinya

Implikasi yang muncul dan dirasakan oleh generasi berikutnya adalah rendahnya rasa memiliki terhadap budaya Melayu, hal ini dikarenakan kurangnya informasi yang mendalam tentang nilai-nilai yang dikandung oleh budaya tersebut. Terutama tentang makna simbol-simbol Melayu seperti:


  1. upacara adat
  2. arsitektur
  3. kesenian makna dari tari dan musik tradisional
  4. kuliner jenis dan makna kuliner

Warisan yang ditinggalkan

Riau, Upaya dalam mempertahankan budaya melayu selanjutnya

Aspek-aspek simbolik kebudayaan:

  1. Sistem bahasa
  2. Sistem berpakaian
  3. Sistem perumahan
  4. Sistem makanan dan sebagainya

Semangat dalam revitalisasi budaya

 

Berbagai elemen masyarakat menggali khazanah budaya Melayu Riau

pemerintah provinsi dan kota/ kabupaten:

 

 

Pentingnya mempertahankan nilai-nilai budaya

Sebagai identitas masyarakat melayu Riau

  1. Menjawab tantangan otonomi daerah yang memberi kebebasan daerah dalam mengembangkan budaya lokal.
  2. Pada tataran yang lebih luas lagi yaitu pusat aktivitas budaya Melayu juga milik masyarakat Riau.
  3. Budaya Melayu berhadapan dengan perkembangan budaya yang semakin mengglobal dan tantangan perubahan sosial lainnya.

Ancaman globalisasi

 

Tantangan tersebut berupa terjadinya kooptasi budaya yang didukung oleh kapitalisme dan kekuatan pasar global yang menyebabkan budaya budaya lokal tergerus dan tersingkir jika tidak dipertahankan.

 

Sekian informasi mengenai Riau, Upaya dalam mempertahankan budaya melayu. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

 

Sumber : Dr. Noor Efni Salam, M.Si