Komisi I Dukung Pemprov Evaluasi Kinerja Pejabat

mursal-dprd.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau, Zulfi Mursal mendukung evaluasi kinerja yang dilakukan Pemprov kepada 41 pejabat eselon II. Evaluasi dilakukan melalui tim Panitia Seleksi (Pansel) Uji Kompetensi dan Evaluasi Pejabat Tinggi Pratama (PTP).

Ia mengatakan, evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pejabat serta Organisasi Penyelenggaraan Daerah (OPD) yang dipimpinnya untuk menjalankan visi misi gubernur dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kita dukung evaluasi yang dilakukan pemerintah provinsi. Mudah-mudahan dengan evaluasi ini bisa terpilih pejabat yang mumpuni dan dapat melaksanakan visi misi gubernur dan RPJMD secara fisik dan nonfisik," ujar Zulfi, Senin, 11 Oktober 2021.

Sebagai pimpinan OPD, Zulfi berharap pejabat-pejabat ini dapat lebih maksimal memimpin OPDnya mulai dari perencanaan hingga

"Pertama, tentu kinerja harus ditingkatkan. Perencanaan yang matang, dan evaluasinya pun harus mantap. Sehingga anggaran kita bisa lebih baik," ujar politisi Partai Amanat Nasional ini.


Terkait kinerja pejabat ini, Zulfi mengatakan ada sejumlah OPD yang bekerja cukup baik, namun beberapa masih belum optimal dalam membantu gubernur.

"Tentu ada yang bagus, ada yang tidak bagus makanya harus evaluasi. Kalau bagus semua ya tidak perlu evaluasi. Kalau ada yang digeser ya tentu ada yang baik dan tidak baik," jelasnya.

Namun demikian, Politisi Dapil Siak ini menolak membicarakan pejabat yang under performance selama dua setengah tahun di bawah kepemimpinan Syamsuar.

"Ha itu saya rasa tidak etis, itu yang paham pemprov lah," ujarnya singkat.

Diketahui di antara 41 pejabat yang menjalani evaluasi kinerja terdapat tujuh pejabat menjalani kompetisi manajerial setelah menjabat lima tahun.

Tujuh pejabat itu yakni, Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan, Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir, Kepala Disbud Riau Raja Yoserizal, Direktur RSJ Tampan Hasneli Juwita, Karo Hukum dan HAM Elly Wardhani, Dinas Kelautan dan Perikanan Riau Herman M, Kepala Dinas Pusataka dan Asrip Riau Rahima Erna.