Jamalul Insan Resmi Buka Rangkaian Pelatihan Jurnalistik dan UKW

Jamalul-Ihsan2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anggota Dewan pers, Jamalul Insan mengatakan, pemerintah melalui Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) mendukung Dewan Pers dalam memfasilitasi program pelatihan jurnalistik dan  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di 34 kota/provinsi di Indonesia. Pelatihan ini juga difasilitasi oleh LSPR.

 

"Pada 2020 udah dilaksanakan baru di salah satu provinsi, tapi karena pandemi sempat dihentikan," kata Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers  ini, Senin, 31 Mei 2021.

Jamalul juga mengatakan, dalam rangkain pelatihan UKW ini, akan diberikan pre test dan podcast yang nantinya juga akan mempengaruhi penilain dalam UKM ini. 

 

"Saya tau persis banyak yang ingin ikut kegiatan ini tapi belum punya kesempatan. Ini patut kita syukuri karna kawan kawan sekalian bisa ikut," ujarnya. 


 

Lebih lanjut, Jamalul berujar, rumusan kompetensi wartawan sudah dirumuskan Dewan Pers sejak tahun 2010 melalui program Standar Kompetensi Wartawan (SKW). SKW ini mengklasifikasikan wartawan dalam tiga jenjang. Muda untuk wartawan yang menjadi pelaksana jurnalisme (reporter). 

 

Madya untuk yang mengelola ruang redaksi (redaktur) dan utama untuk para pimpinan redaksi atau penanggung jawab.