Ini Bocoran Materi Seleksi untuk PPPK Bagi Guru Honorer, Boleh 3 Kali Tes

Guru-Honorer4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pemerintah telah membuka kuota hingga satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) bagi guru honorer tanpa batas usia. 

 

Nadiem melanjutkan bagi guru honorer yang belum dinyatakan lulus seleksi tahun ini. Ia meminta untuk tidak berkecil hati. Guru diberikan kesempatan mengikuti tes PPPK ini sampai tiga kali, bahkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan mempersiapkan materi-materi pembelajaran sehingga para guru dapat belajar secara mandiri.

 

“Kalau tahun ini belum lolos seleksi, bisa mencoba sampai dengan tiga kali,” jelas Nadiem Makarim, seperti dikutip RiauOnline dari laman setkab.go.id, Jumat, 12 Februari 2021. 

 

Pihaknya menuturkan masih banyak pemerintah daerah (pemda) yang belum mengajukan formasi guru PPPK.  

 

“Masih banyak sekali dinas-dinas yang belum mengajukan formasi. Saya menghimbau agar jangan ragu mengajukan formasi. Anggaran seleksi dan gaji sudah disediakan pemerintah pusat. Bukan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya


 

Menurutnya untuk pengajuan formasi itu pemerintah daerah sendiri yang tahu akan kebutuhan formasi guru di wilayahnya. Katanya pemerintah hanya akan mengangkat guru honorer yang lolos seleksi PPPK.

 

 

“Kita buka sampai satu juta. Tapi kalau yang lolos seleksi cuma 100 ribu, ya 100 ribu saja yang kita angkat menjadi PPPK. Tidak akan ada kompromi untuk kualitas pendidikan bagi anak-anak kita,” pungkasnya.