Pj Bupati Bengkalis Target 95 Persen Kegiatan Fisik Selesai Akhir Tahun

syahrial.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS – Realiasi kegiataan fisik dan keuangan APBD 2020 Kabupaten Bengkalis bisa dilaksanakan hingga akhir tahun ini. Hal ini dikarenakan tidak adanya cuti bersama natal dan tahun baru yang diinstruksikan oleh pemerintah.

Tidak adanya cuti bersama ini, pencapaian target kegiatan fisik yang masih dibawah 90 persen diyakini bisa selesai mencapai 95 persen hingga akhir Desember ini. Demikian dikatakan Pj Bupati Bengaklis H Syahrial Abdi AP MSi kemarin.

"Akhir pekan kemarin baru menyelesaikan rapat capaian realiasi fisik dan keuangan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Alhamdulillah capaiannya realiasi kegiatan fisik rata-rata sudah 95 persen. Sedangkan serapan keuangan sudah mencapai 86 persen," kata Syahrial Abdi, kepada wartawan, Kamis 17 Desember 2020.

Ditanya mengapa serapan keuangan APBD 2020 belum diatas 90 persen hingga Desember, Syahrial Abdi menegaskan disebabkan beberapa persoalan. Mulai dari perubahan pengelolaan keuangan, refocusing hingga realokasi anggaran untuk pendemi covid-19.

"Kita sama-sama tahu, tahun ini terjadi perubahan pengelolaan anggaran. Terutama untuk penanganan Pandemi Covid-19. Alhamdulillah meski begitu, tetap saja realiasi fisik dan keuangan APBD 2020 tetap maksimal. Apalagi masih ada peluang untuk mencapai seratus persen," kata Asisten III Bidang Admisntrasi Sekretaria Daerah Provinsi Riau ini lagi.

Masih ada waktu sekitar dua pekan, kata Syahrial yang bisa dikejar target oleh setiap SKPD. Sebab biasanya per 23 Desember tutup kegiatan fisik dan keuangan. Namun per tahun 2020 ini ada kelonggaran hingga akhir tahun atau per 31 Desember.

"Jadi peluang realiasi masih bisa dikejar SKPD," tutup mantan Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Menieral Provinsi Riau.