Bayi Gajah Lahir di PLG Minas

bayi-gajah.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAUONLINE,PEKANBARU - Populasi Gajah Sumatera kembali bertambah di Provinsi Riau, kali ini telah lahir seekor anak Gajah Sumatera di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Riau, Minggu, 20 September 2020.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, mengatakan ini merupakan kelahiran anak Gajah binaan Balai Besar KSDA Riau yang kedua di Tahun 2020, setelah sebelumnya lahir seekor anak Gajah jantan di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina pada hari Jum'at, 3 Juli 2020 lalu, yang diberi nama Damar.

"Bayi yang dilahirkan dari induk bernama Nia, berjenis kelamin betina dengan estimasi berat badan berkisar 81 kilogram, saat ini keduanya dalam kondisi sehat," kata Suharyono.

"Sebagai simbol rezeki dari alam dan menambah populasi Gajah Sumatera di Riau, bayi gajah ini diberi nama Rizki," terang Suharyono.

Suharyono menambahkan, gajah Nia merupakan korban jerat yang telah diselamatkan dan dievakuasi pada tahun 2006, saat ini telah melahirkan bayi dengan masa kehamilan 22 bulan.

"Gajah Nia berumur sekitar 20 tahun dan ketika dievakusi saat itu berumur 5 tahun," ucap Suharyono.

Saat ini, tim BBKSDA masih melakukan pemantauan terhadap bayi Gajah Sumatera ini, tim melakukan pengecekan kesehatan dan pemberian asupan multivitamin bagi induk dan bayi gajah.