Resmi Dilantik, Gubri Tunjuk ASN Gorontalo Jabat Kepala Inspektorat Riau

sigit-juli-hendrawan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau mempercayakan jabatan kepala Inspektorat Riau kepada sosok Apratur Sipil Negara (ASN) dari Gorotanlo. Dia adalah Sigit Juli Hendriawan. Sebelum hijrah ke Riau, Sigit menjabat sebagai Koordinator Pengawas (Korwas) Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo.

Rabu 8 Juli 2020, Gubernur Riau Syamsuar resmi melantik Sigit Juli Hendriawan sebagai Kepala Inspektorat Riau di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah. Sigit mengantikan pejabat sebelumnya yakni Evandes Fajri yang sudah memasuki masa pensiun.

Disela pelantikan, Syamsuar menyampaikan, kedepan peran dari inspektorat dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Provinsi Riau harus diperkuat. Ini bertujuan untuk mengawal kegiatan pelaksanaan pemerintah serta mengantisipasi adanya temuan-temuan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Dengan diperkuatnya lembaga tersebut, jika terjadi kesalahan atau temuan yang tidak sesuai, maka APIP bisa memberitahu ke pihak terkait terlebih dahulu.

"Jadi nanti diceknya, kalau ini salah, itu salah bisa langsung diperbaiki," katanya.

Gubri menyampaikan, sebelum dilantiknya kepala Inspektorat Riau yang baru tersebut, dirinya juga sempat bertemu dan menyampaikan harapan-harapan terhadap peningkatan kinerja Inspektorat dan APIP yang telah disahkan oleh Presiden RI.

Gubri menyampaikan, terkait tindak lanjut dari temuan, ia berencana akan membuatkan sebuah aplikasi yang bisa dimonitoring langsung oleh Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, serta Sekretaris Daerah Riau.

"Saya berharap tentunya dari semua pimpinan OPD harus membantu dan mendukung agar tugas inspektorat dapat berjalan dengan baik. Kalau nanti ada pengawasan tak perlu risau apa yang dilakukan oleh Inspektorat, kalau memang ada yang keliru nanti diberikan masukan," kata Gubri.

Sementara Sigit usai dilantik, mengatakan, dirinya akan melakukan konsolidasi diinternal inspektorat Riau untuk memetakan kekuatan sumber daya manusia yang ada di instasi yang dipimpinya.

"Akan lihat dulu sejauh mana tingkat kemampuan SDM kita, karena tugas pertama kita kan meningkatkan kapabilitas APIP untuk level tiga," katanya.

Untuk mencapai Kapabilitas APIP level tiga, pihaknya harus memperbanyak program audit kinerja yang mampu mengedukasi resiko-resiko strategis di Pemprov Riau.

"Itu fokus utama kita, setelah itu nanti pengelolaan SDM, karena ini sangat penting, mengingat Riau ini kan provinsi yang cukup besar, sehingga SDM harus siap untuk mencari peluang-peluang dan menjadi kerjasama dengan OPD yang lain," ujar Sigit (*)