Jadi Pj Walikota Pekanbaru, Siapa Muflihun? Ini Profilnya

Muflihun.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar akan melantik Muflihun sebagai Pejabat (PJ) Walikota Pekanbaru pada Senin, 23 Mei 2022 di Balai Pauh, Janggi Gedung Daerah, Jalan Diponegoro No. 23 Pekanbaru, pukul 09.00 WIB. Selain melantik PJ Walikota Pekanbaru, Gubri juga akan melantik Kamsol jadi PJ Bupati Kampar.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) telah menerima surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai Penunjukan Pejabat (PJ) Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Pada SK tersebut, Muflihun ditunjuk sebagai Pj Walikota Pekanbaru dan Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.

Untuk diketahui, Muflihun saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Riau sejak Juni 2020 lalu. Sebelumnya ia menjabat sebagai salah satu Kepala Bagian di Sekretariat DPRD Riau. Sebelum berkarir di Pemerintah Provinsi Riau, Muflihun menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Senapelan hingga menjadi Camat Sail dan Kecamatan Sukajadi.

Berikut profil singkat Muflihun, yang sebentar lagi dilantik sebagai PJ Walikota Pekanbaru:

Muflihun mengawali karir sebagai Camat Kuantan Mudik. Sebelum dilantik sebagai Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menjabat sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Riau. Muflihun bahkan sempat menduduki sejumlah jabatan strategis di Pemerintahan Kota Pekanbaru di masa kepemimpinan Herman Abdullah.

Ia bahkan pernah menjadi salah satu camat termuda di lingkungan Pemko Pekanbaru pada 2006-2010. Muflihun tercatat pernah menduduki jabatan sebagai Camat Sail dan Camat Sukajadi. Padahal, pada saat itu, tidak mudah untuk mendapatkan posisi sebagai Camat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Alumni Magister Administrasi Publik Universitas Islam Riau ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Persidangan Produk Hukum Bagian Persidangan Produk Hukum DPRD Riau.

 


 

Biodata Muflihun:

Tempat Tanggal Lahir: Pekanbaru 22 Februari 1978

Agama: Islam

Pendidikan formal:

SD Negeri 001 Rintis Pekanbaru

SLTP Negeri 4 Pekanbaru

SLTA Negeri 1 Pekanbaru

Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN)

Magister Administrasi Publik Universitas Islam Riau

Karir:

Camat Kuantan Mudik

Kepala Sub Bagian Kelembagaan

Kepala Sub Bagian Otonomi Daerah

Sekretaris Kecamatan Senapelan

Camat Sail

Camat Sukajadi

Kepala Bagian Persidangan Produk Hukum, Bagian Persidangan Produk Hukum DPRD Provinsi Riau

Sekretaris DPRD Provinsi Riau