Belajar Daring Tak Efektif, Politikus Hanura Rekomendasikan Metode Ini

Kasir.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Komisi V DPRD Riau membidani pendidikan memberi usulan kepada Dinas Pendidikan untuk tetap menggelar kegiatan belajar tatap muka di dalam kelas. 

 

Anggota komisi V, Kasir, mengatakan, dalam pertemuan pihaknya dengan Dinas Pendidikan, diketahui bahwa kegiatan belajar tatap muka hanya boleh dilakukan di kawasan zona hijau covid, untuk wilayah Riau hanya boleh di Kabupaten Rokan Hilir.

 

Dijelaskan Kasir, sistem belajar Dalam Jaringan (Daring) masih menjadi kendala teknis di lapangan, mulai dari masyarakat yang tak mampu membeli smartphone, ketidakmampuan membeli paket internet, jaringan yang bermasalah dan kendala teknis lainnya.

 

Ditambah lagi, para guru juga tidak terlatih dalam memberi materi pembelajaran secara Daring. Akibatnya, pembelajaran selama masa Covid-19 ini tidak efektif seperti biasanya.

 

"Untuk zona yang bukan hijau, kami sarankan supaya bergantian. Misalnya 36 orang satu kelas, 18 orang saja yang masuk, kan bisa renggang di dalam kelas," kata Politisi Hanura ini, Rabu, 17 Juni 2020.

 

Mekanismenya, lanjut Kasir, terserah kepada Dinas. Apakah Dinas memakai skema sekolah 1 kali dua hari atau pakai skema pagi dan sore.

 

"Usulan kami sistem bergantian, apakah pagi sore atau bergantian harinya. Ini sifatnya masih usulan, karena Dinas masih mengkaji lagi," tambahnya.