New Normal, ASN di Siak kembali Bekerja Seperti Biasa

pj-sekda-siak.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Penjabat Sekda Siak Jamaluddin menyerahkan secara simbolis masker kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Siak, di ruang pertemuan Siak Sri Indrapura, kantor Bupati Siak, Selasa, (9/5/2020).

"Hari ini kita menyerahkan bantuan berupa masker, Vitamin dan handsanitizer secara simbolis kepada ASN di lingkungan Setda Siak. Bantuan ini upaya kita dalam membatu para staf menjaga daya tahan tubuh, di tengah bahaya wabah Corona yang belum berakhir, para staf dituntut tetap bekerja melayani masyarakat," katanya.

Lanjutnya, pasca diberlakukanya PSBB di kabupaten Siak, saat ini jam kerja Pemda sudah kembali normal, new normal ini suatu pola hidup baru yang mau tidak mau harus diikuti, imbas dampak Covid-19 ini. Selain itu dirinya juga menghimbau kepada staf yang ada di Setda Siak agar selalu mengunakan masker, dan rajin mencuci tangan juga mengingatkan kepada setiap tamu yang berurusan hendaknya mengunakan masker.

"Kita tidak bisa terus membatasi gerak, namun kehidupan terus berjalan, ekonomi tetap berjalan, kita harus bekerja di kantor tapi kita juga masing-masing dituntut untuk menyesuaikan dengan lingkungan. Artinya kesadaran sendiri diminta dan menjaga diri dengan cara menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kantor. Siapa yang mengikuti aturan itu dia lah yang bertahan hidup nanti, siapa yang tidak mau mengikuti aturan ini bisa jadi dia akan terpapar virus Corona," terangnya.

Masih kata dia, new normal ini suatu tatanan baru yang menuntut kesadaran pribadi kita masing-masing untuk mengikuti aturan yang ada. Pemerintah Daerah sudah ada surat edaran dari MenpanRB dan ditindaklanjuti surat edaran Bupati bahwa aktifitas kerja sudah kembali normal seperti biasa. Namun ada pengecualian bagi ASN dan honorer yang usia lanjut dan memiliki riwayat penyakit sesak dan bantuk-bantuk dapat menyesuaikan aktifitas kerjan di kantor.

"Jika ada penyakit yang berpengaruh dengan kesehatannya, misalnya ada riwayat penyakit batuk dan sesak nafas, Saya minta kepada pimpinan unit kerjanya, untuk mengatur jam kerjanya, apakah dia work from home tapi dia harus membuat laporan. Kalau dia kerja di rumah apa yang di kerjakan, itu yang di sampaikan caranya nanti kita atur. Tapi yang tidak sakit seperti kita ini ya masuk seperti biasa tapi tidak apel pagi. Kita pagi masuk lalu absen kemudian kita bekerja di kantor, namun kita masuk kemudain abesan lalu kita keluar balik, ke rumah, dan tak masuk kantor lagi, tidak begitu," tegasnya.

Dirinya, mengajak kepada para pimpinan Satker diharapkan mengingatkan staf baik pegawai dan honorer agar kembali melakukan aktifitas seperti biasa, jika terbuti melanggar aturan agar melakukan pembinaan.

"Jika terbukti melanggar aturan lakukan pembinaan, kalau masih juga melakukan indispliner, buat teguran sampaikan tebusannya kepada pak Bupati, Harapan saya kinerja kita tetap seperti biasa, bukan malah kendor," tutupnya.

Usai menyerahkan APD secra simbolis, Jamal juga mengingatkan kepada para Kabag yang hadir kiranya hasil dari pertemuan ini bisa disampaikan kepada Staf yang lain. Hadir pada kesempatan itu para Kabag, Kasubbag dan staf di lingkungan sekretariat daerah kantor Bupati Siak.