Bupati Siak Harapkan Baznas Bantu Masyarakat Tak Punya NIK

bantuan-bupati.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Untuk menangani masyarakat yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Siak, Bupati Siak Drs.H. Alfedri M.Si arahkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Siak agar dapat memperhatikan masyarakat terdampak Covid-19 yang belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Hal ini disampaikannya saat melangsungkan pertemuan bersama komisioner Baznas Siak di Zamrood room komplek perumahan Bupati Siak Selasa (09/06/20).

Pada kesempatan tersebut Bupati Siak juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Baznas yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah terutama dalam menanggulangi masyarakat terdampak positif covid-19, dimana penanganan covid-19 sudah dilakukan sejak bulan februari hingga akhir mei 2020.

Seperti diketahui, Baznas Siak telah kucurkan dana untuk membantu masyarakat terdampak covid-19 senilai RP3,4 Miliar lebih. Ini merupakan hal yang luar biasa untuk membantu dan meringankan beban pemerintah dalam penaganan masyarakat terdampak covid.

"Sampai saat ini perhatian pemerintah cukup baik. Baik itu bantuan pemerintah pusat maupun daerah," kata Alfedri.

Menurutnya, warga Siak terdampak covid-19 mencapai 52 ribu KK. Hal ini telah dapat terlayani secara bersama-sama, baik itu bantuan dari Pusat dan Daerah. Disamping itu, adanya sinergi pihak Baznas dan swasta.

"Untuk kedepannya, mulai saat ini saya mengharapkan kepada pihak Baznas untuk memperhatikan dan membantu saudara-saudara kita yang tidak mempunyai NIK yang tidak ada dalam data Dinsos, hal ini bertujuan agara msyarakat kita ini dapat terbantu juga dalam masa pademi ini. Insyaallah dalam waktu dekat data warga kita yang tidak punya NIK tersebut rampung," ujar Alfedri.

Sementara itu, ketua Baznas Kabupaten Siak H.Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa Baznas Siak telah mengucurkan dana untuk penangan Covid-19 mulai bulan Februari hingga Mei 2020 mencapai RP3,4 miliar lebih.

Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan berupa Alat APD untuk tenaga Medis dan memberikan bantuan Limbako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di 14 kecamatan.

Disampaikan Rasyid, Baznas Siak telah meluncurkan bantuan Limbako kepada masyarakat Siak mencapai 9000 KK lebih. Untuk kedepannya, pihaknya akan terus melakukan hal sama sesuai dari arahan bupati.