Sungai Kuantan Meluap, Halaman Rumah Warga di Pangean Kuansing Terendam

Halaman-terendam-banjir.jpg
(Yudhy Pgn)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir baik terjadi di wilayah Sumatera Barat maupun Kabupaten Kuansing membuat Sungai Kuantan di Kuansing meluap. Kini luapan air sungai kuantan sudah mulai merendam halaman rumah warga di desa Pulau Kumpai, Kecamatan Pangean.

"Iya, Dusun I Pulau Kumpai selalu paling dulu terendam, karena memang kontur tanah didaerah ini paling rendah dan cepat dijangkau apabila sungai kuantan meluap," kata Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra, Sabtu, 6 Juni 2020.

Disampaikan Camat, himbauan kepada warga yang tinggal disepanjang aliran sungai kuantan sudah disampaikan melalui kepala desa setempat untuk tetap waspada karena debit air sungai hingga siang ini masih naik. "Kondisinya jelang siang ini masih naik," ujar Mahviyen.

Dari kondisi normal, kata Mahviyen, debit air sungai kuantan khusus diwilayah Pangean naik hingga 1-2 meter. Sekarang baru dusun I Pulau Kumpai," katanya lagi.

Sementara informasi dibagian hulu di wilayah Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik kondisi air sungai kuantan sudah mulai surut dibanding hari sebelumnya pada Jumat, 5 Juni 2020.

"Naiknya mulai Jumat kemarin karena hujan pada Kamis malam lalu, dan sekarang kondisi sudah mulai surut," ujar Zulman, warga desa Banjar Padang, Sabtu siang, 6 Juni 2020.

Zulman melihat air sungai kuantan belum terlalu jauh surut. "Surutnya baru sedikit, tapi sudah surut," sambungnya.