Biar Irit Dana, Pemkab Kuansing Alihkan 13.626 KK Dapat Bantuan Kemensos

Bantuan-Lansung-Tunai3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembali mengusulkan 13.626 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan Rp 600 ribu dari Kementerian sosial (Kemnsos) RI. Data tersebut merupakan data terbaru dari hasil pendataan yang sudah dilakukan belum lama ini.

"Rencananya kemarin akan dibantu melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD kabupaten, tapi akhirnya kita alihkan agar dapat bantuan dari Kemensos," ujar Pelaksana  tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman, Sabtu, 6 Juni 2020.

Dengan pengalihan tersebut, kata Napisman, kita Kuansing bisa irit lebih kurang Rp 12,2 miliar. "Ini kita hitung tiga bulan, Rp 300 ribu kita kalikan tiga bulan, kita irit sekitar Rp 12,2 miliar, kalau 13 ribu itu kita alihkan ke pusat," kata Napisman.

Dimana Pemkab Kuansing sebelumnya mengalokasi anggaran sebesar Rp 22 miliar untuk bantuan bagi warga terdampak oleh Covid-19. Bantuan tersebut untuk tiga bulan mulai April sampai Juni. Bantuan dari Pemkab Kuansing ini besarannya hanya Rp 300 ribu per bulan untuk satu KK. 

Rencana bantuan BLT dari APBD Kabupaten Kuansing disalurkan untuk 25 ribu KK. Kini ada sekitar 13.626 KK diusulkan dapat bantuan Kemensos. Sehingga Kuansing bisa irit sekitar Rp 12,2 miliar.

Napis menjelaskan, berdasarkan kuota awal itu ada sekitar 10.072 KK, dan jumlahnya bertambah menjadi 27.251 KK. "Jadi nambah sekitar 17 ribu KK, cuma yang baru terpenuhi dari 17 ribu itu sekitar 13.626 KK," terangnya.

Meskipun hingga kini bantuan tersebut belum disalurkan kepada belasan ribu KK tersebut, Napis mengatakan, rencana akan bersamaan cair dengan bantuan Kemensos. "Kalau tanggungan kita tinggal sekitar 3 ribuan sekian. Cairnya bisa jadi bulan ini bersamaan nanti dengan bantuan Kemensos," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah menyalurkan bantuan tunai dan sudah diterima oleh masyarakat Kuansing untuk bantuan bulan April sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK).

Jumlah ada 6.082 KK di Kabupaten Kuansing yang mendapatkan bantuan dari Kemensos ini sebelumnya. Bantuan sosial tunai ini merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 untuk masyarakat terdampak.

Bantuan sosial tunai tersebut disalurkan Kemensos lewat rekening penerima dan kantor Pos. Untuk bantuan bulan April 2020 sudah diterima oleh masyarakat.