Satu Lagi PDP Asal Kuantan Tengah Dipulangkan, Masih Menunggu Hasil Swab

Simulasi-penanganan-Corona.jpg
(SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Satu lagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kuantan Tengah dipulangkan. Dia adalah Nn G (15) dimana kondisinya sudah membaik.

"Tadi Nn G sudah di acc pulang siang ini (Jumat,red), dan dilanjutkan isolasi mandiri sampai hasil pemeriksaan swab keluar," ujar salah satu juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin melalui grup whatshapp Gugus Covid 19, Jumat, 1 April 2020.

Dengan dipulangkannya satu PDP asal Kuantan Tengah ini, hingga Jumat siang, 1 April 2020 tinggal 3 PDP lagi yang dirawat di ruang isolasi RSUD Teluk Kuantan.

Tiga PDP tersebut masing-masing Tn Z (42) asal Malang Jawa Timur, kondisi terkini masih batuk, tidak sesak, nyeri menelan, tidak demam, mencret, indera pengecap menurun, dan indera penciuman normal.

Z ini merupakan pekerja jembatan di Desa Serosa Kecamatan Hulu Kuantan. Dia masuk RSUD pada Rabu lalu dan diagnosa mengalami pneumonia dan gastroenteritis akut. "Swab pertama sudah diambil," ujar dr Amel.

Kemudian PDP masih dirawat adalah R (23) asal Sentajo Raya masuk pada Kamis, 29 April 2020 sekitar pukul 00.30 WIB dengan keluhan demam, batuk, dan sesak nafas.

R (23) ini merupakan mahasiswa kuliah di Padang Sumatera Barat dan baru kembali dari Padang 15 Maret 2020 lalu. Gejala pertama mulai dirasakan pada 6 April lalu, dan sudah dua kali berobat ke klinik tapi belum sembuh.

Gejala makin berat sejak Rabu sore, dan R akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit. Dia didiagnosa mengalami pneumonia. "Sudah dilakukan pengambilan swab satu kali tadi pagi (Kamis,red)," kata Amel.

PDP satu lagi yang baru masuk pada Kamis, 30 April 2020, sekitar pukul 14.30 WIB adalah S (36) asal Pucuk Rantau dan memiliki KTP beralamat di Kecamatan Padang Lawas Kabupaten Dharmasraya.

S ini kata Amel masuk dengan keluhan demam, batuk kering, dan sesak nafas dan sudah berlangsung sejak satu minggu terakhir. Pasien ini katanya, sering berkunjung ke Dharmasraya. Sudah dilakukan pengambilan swab.