18 PDP di Riau Meninggal Dunia, Ada Yang Belum Sempat Diambil Swabnya

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus meninggal dunia Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Riau cukup tinggi jika dibandingkan dengan pasien positif yang meninggal dunia. Hingga Senin 13 April 2020 jumlah PDP yang meninggal dunia di Riau sudah mencapai 18 orang. Sedangkan yang pasien positif meninggal dunia hingga saat ini ada 2 orang.

"Seluruh pasien PDP yang meninggal dunia kita lakukan swab, sebagian sudah ada yang keluar hasilnya dan sebagian lagi masih menunggu hasilnya. Tapi ada juga PDP yang belum sempat diambil swabnya sudah meninggal dunia," kata Jubir Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, Senin 13 April 2020.

"Ada satu pasien di Dumai itu belum sempat kita swab dan akhirnya dibawa oleh keluarganya," ujarnya.

Indra mengungkapkan, pihaknya akan menggesa pengoperasian Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Riau. Sebab dengan dioperasikan Labkesda ini bisa mempercepat proses pengujian sampel swab pasien PDP.

"Hari ini lab sudah mulai ujicoba dan tes mandiri, kalau tidak masalah yang berarti, besok bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih banyak lagi. Kemungkinan besar nanti bisa dilakukan tiga shif, sehingga akan banyak sampel yang bisa diperiksa," katanya. (*)

-->