Intsiawati Ayus Dukung Kebijakan PSBB di Riau

instiawati.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPD RI dari Riau Intisiawati Ayus mendukung jika Pemerintah Provinsi Riau menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti yang dilakukan DKI Jakarta.

"Iya, PSBB itu kan diambil keputusannya dalam bentuk tindakan antisipasi atau solusi. Antisipasi sebelum dampak besar atau sebagai solusi setelah dampak besar. Kepala daerah memilih yang mana?" kata perempuan yang akrab disapa Iin ini, Jumat, 10 April 2020.

Iin menambahkan, baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota harus segera mengambil sikap tegas dan tindakan yang cepat agar korban Covid-19 tidak berjatuhan semakin banyak di Riau.

"Kita di DPD sangat mendukung kebijakan ini (PSBB), karena ini untuk rakyat," ujar Iin.

Disinggung mengenai konsekuensi besarnya anggaran yang harus disiapkan, Iin mengatakan pemerintah tidak perlu mengkambinghitamkan anggaran, karena mengatur anggaran adalah tugas kepala daerah.

"Setiap kebijakan memang ada konsekuensinya, tapi ini harus segera diselesaikan. Saya yakin dan percaya konsekuensinya nanti tidak akan sampai berhutang. Prestasi seorang kepala daerah itu kan saat anggaran tidak ada, dia bisa mengupayakan," tegasnya.

Lebih jauh, Iin berharap agar kepala daerah di Riau bisa lebih aktif dan inisiatif lagi dalam membuat kebijakan pencegahan dan penanganan Covid-19, kepala daerah di Riau bisa mencontoh Jabar, Jateng dan DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan kepala daerah bisa bijak mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat, lihat Jabar dengan Ridwan Kamil, Jateng dengan Ganjar Pranowo, dan DKI Jakarta dengan Anies Baswedan.

-->