Dorong Kebijakan PSBB, Asri Auzar Minta Gubri Syamsuar Contoh DKI Jakarta

asri-PSBB.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Asri Auzar mendesak Gubernur Riau, Syamsuar untuk segera mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah pusat.

Sebab, menurut Asri, kondisi penyebaran virus Corona di Riau sudah sangat memprihatinkan, apalagi sudah ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia yang positif Covid-19.

"PSBB sangat diperlukan. Sudah banyak terjangkit. Apakah ini terlalu cepat? Keputusan yang cepat jauh lebih bagus, kalau karantina wilayah tidak dibolehkan oleh pemerintah pusat," kata Ketua DPD Demokrat Riau ini, Kamis, 9 April 2020.

Jika PSBB disetujui, menurut Asri, Pemprov Riau akan lebih leluasa dalam melakukan pergeseran anggaran, karena ada payung hukum yang mengaturnya sehingga kepala daerah tidak perlu khawatir dengan kesalahan manajerial dalam penganggaran.

"Saya anjurkan kepada gubernur Riau untuk mengajukan PSBB seperti yang dilakukan DKI," tambahnya.

Kabupaten kota, diharapkan Asri bisa segera menyelesaikan pendataan jumlah warganya yang terpapar sehingga Gubernur bisa melakukan penganggaran untuk kebutuhan hidup mereka.

Terkait anggaran yang dinilai minim, Asri menegaskan, jika PSBB dilakukan Pemprov akan mendapatkan kucuran dana dari Pemerintah Pusat. Sebab, negara wajib bertanggungjawab kepada daerah yang sedang dilanda bencana.

Selain itu, Gubernur juga harus berkoordinasi dengan kabupaten kota untuk memanggil perusahaan supaya bisa membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

"Tunjukkan kepedulian anda kepada rakyat, sumber daya alam sudah banyak di kuras. Jangan dikuras saja. Terimakasih sudah bantu Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis, tapi masyarakat juga butuh bantuan anda," tutupnya.

-->